Sedikit Mengenai ASEAN Basketball League (ABL)

n574388214_1729855_5794136

Pada hari Selasa, tanggal 1 September lalu bertempat di Manila, Filipina, diluncurkan sebuah liga basket baru di Asia Tenggara yang diharapkan dapat menjadi “NBA”-nya ASEAN.

ABL adalah kependekan dari ASEAN Basketball League. Liga ini akan segera bergulir pada tanggal 10 Oktober 2009 dan berakhir pada sekitar bulan Februari 2010. Enam tim dari enam negara akan ikut berkompetisi; Satria Muda Britama (Indonesia), Philippine Patriots (Filipina), The Barracudas (Brunei Darussalam), Kuala Lumpur Dragons (Malaysia), Singapore Slingers (Singapura), dan Thailand Tigers (Thailand).

Tim-tim tersebut akan bertanding dalam format kandang-tandang dengan jumlah pertemuan dari dua tim sebanyak tiga kali. Di ujung kompetisi, empat tim teratas akan tampil pada babak play off.
Demi menambah daya tarik dan tingkat keseruan kompetisi, setiap tim diperkenankan menggunakan lima pemain asing yang tiga di antaranya harus berasal dari negara ASEAN sendiri. Batasan gaji yang boleh diterima oleh pemain asing adalah 10.000 dollar AS.

Syarat sebuah tim mengikuti liga ABL sebenarnya cukup mudah dan tidak harus merupakan tim juara pada kompetisi lokal negara masing-masing. Mereka cukup membeli waralaba (franchise) senilai 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar pertahun serta memiliki uang garansi di Bank sebesar 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 10 miliar.

(Situs resmi ABL)

—————————————————————

Foto di bawah dari www.aseanbasketballleague.com

news5_7

(kiri ke kanan) Mr Tony Fernandes (ABL Chairman), Dr Mikee Romero & Mr Tony Cojuangco (Philippine Patriots Team Owners), Ms Nadzaty Azma Azeez (The Barracudas Team Owner), Mr Suthep Benjabhoki (President, Thailand Basketball Association), Mr Erick Thohir (SEABA President), Mr Wira Daim (KL Dragons Team Owner), Mr Wim Reijnen (Thailand Tigers Team Owner), Mr Bobby Barreiro.

4 pemikiran pada “Sedikit Mengenai ASEAN Basketball League (ABL)

  1. Wah kayanya seru ni ada kompetisi baru lagi seperti ini.
    Pingin nonton juga.
    Kira2 ada stasiun TV yang bakal tayangin gak yaa?
    Hihihi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s