Bulan Ramadhan Adalah Camp Pelatihan! Hustle Up!

Dalam Indonesia Development Camp 2009, Kevin Martin selalu mengulang-ulang bahwa jika kita bekerja keras dan berlatih tekun, suatu saat kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan, apakah itu dalam dunia basket maupun cita-cita kehidupan.

Coach Brooks, juga mengatakan hal yang kurang lebih serupa. Melatih kemampuan teknik tidak harus di lapangan. Kita bisa berlatih passing, menembak, pivot, dan teknik-teknik lainnya dari dalam kamar kita. Ketika kita sering mengulang-ulangnya, tanpa kita sadari kita perlahan-lahan menjadi jago.

KevinBesar

Hubungannya dengan bulan Ramadhan?

Ok gw akan bikin ini sesingkat mungkin. Buat gw, bulan Ramadhan adalah bulan pelatihan. Targetnya mungkin jelas yaitu ketakwaan (Q.S. Al Baqarah 183). Semua orang (termasuk gw) ingin menjadi orang yang bertakwa di ujung Ramadhan. Tetapi apakah indikator sebuah ketakwaan? Apakah sesuatu yang kita rasakan? Bisa saja, namun berhati-hatilah, ketika kita merasa diri bertakwa, bisa jadi itu adalah sebuah jebakan yang bernama riya’ atau ujub!

Kata orang, indikator orang bertakwa adalah perilakunya yang semakin membaik. Nah, itu dia kata kuncinya, “kata orang”! Bukan kata kita sendiri. Jadi, bulan puasa alias bulan Ramadhan adalah ajang melatih diri memiliki perilaku yang lebih baik. Nggak usah pedulikan hasilnya :P

Mengaji hingga tamat satu Al Quran dalam satu bulan barangkali agak sulit, shalat tarawih penuh juga mungkin tak begitu mudah. Tentukan salah satu perilaku baik yang ingin kita miliki yang sederhana-sederhana saja, misalnya; bersedekah seribu perak sehari, selalu mengucapkan terima kasih kepada siapapun, atau memberi senyuman tulus kepada orang asing, dan kemudian ulangi terus setiap hari selama bulan Ramadhan (persis seperti petuah Kevin Martin dan Coach Brooks)!

Menurut salah satu teori psikologi, kebiasaan baru bisa melekat pada diri kita jika kita melatihnya berulang-ulang tanpa putus selama 21 hari. Nah lho, Ramadhan ada sekitar 30 hari! Jadi, mari kita jadikan Ramadhan sebagai bulan pelatihan. Targetnya yang sederhana-sederhana saja. Kalau akhirnya di “Mata” Allah kita termasuk orang bertakwa, itu adalah bonus! Perilaku yang baik adalah fundamental masyarakat yang baik (sok tahu lu mas..hahahaaa).

Let’s do it!

(Foto dari Deteksi Basketball)

3 pemikiran pada “Bulan Ramadhan Adalah Camp Pelatihan! Hustle Up!

  1. Yah…
    Memang indikator terbaik adalah pendapat orang tentang diri kita…
    Jika memang orang berpendapat bahwa kita baik, berarti mungkin memang kita telah melakukan hal2 yang baik…
    Jika orang lain menilai kita buruk, berarti memang kita harus berbenah diri… :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s