Salah Satu Pengalaman Terbaik Gw (Indonesia Development Camp 2009. Surabaya, 16-18 Agustus 2009)

Sekitar satu bulan sebelum Indonesia Development Camp 2009 yang akan diadakan oleh Deteksi Basketball League (DBL Indonesia) bekerja sama dengan National Basketball Association (NBA Amerika Serikat) di Surabaya, seorang teman gw di DBL (Aziz) bertanya kepada gw via YM apakah gw bersedia menjadi penerjemah bagi Kevin Martin (NBA, Sacramento Kings) dan dua asisten pelatih NBA lainnya yang akan datang ke Surabaya pada tanggal 15 Agustus dan memberikan pelatihan pada tanggal 16-18 Agustus nantinya. Gw mengatakan bersedia sambil berkata pada teman gw itu bahwa gw belum pernah menjadi penerjemah sebelumnya.

Indonesia Development Camp 2009

Kembali ke Surabaya Untuk Merasakan Sensasi DBL dan NBA Lagi!

Pada hari pertama latihan dan seterusnya, gw ternyata ditemani oleh tiga teman; Coach Simon Wong dari CLS Knights Surabaya, serta dua orang pemain IBL, CLS Knights Surabaya, Yayan dan Erwin.

Pelatihan yang diberikan kepada 48 siswa-siswi pilihan dari seluruh Indonesia ini selalu dibuka dengan pemanasan untuk kemudian dilanjutkan dengan dril atau gerakan-gerakan dasar untuk melatih kemampuan teknik bermain basket. Seusai pemanasan dan dril, 48 peserta dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing 2 tim putra dan 2 tim putri. Mereka kemudian dilatih teknik-teknik dasar bermain basket; passing, screening, shooting, dan lain-lain.

Gw mengasisteni Kevin Martin (Sacramento Kings) dan Brooks Meek (Senior Director Basketball Operations International NBA). Brooks adalah sosok yang tegas dan mampu membangkitkan semangat pada para peserta Camp dan Kevin Martin berkarakter fun dan sedikit kalem namun gemar memberi tepukan selamat setiap kali para peserta melakukan materi yang diajarkan dengan benar.

Dari detik pertama ketika Brooks Meek bertanya kepada gw, Coach Simon, Yayan, dan Erwin “Who have the best english here?” dan gw jawab dengan cepat dan sedikit belagu (maafkan ya Tuhan) “I do”, gw tahu bahwa kegiatan tiga hari ke depan akan sangat menyenangkan. Perkiraan gw benar, bukan hanya sangat menyenangkan, tetapi juga menjadi salah satu pengalaman terbaik dalam hidup gw. Pengalaman di mana salah satu cita-cita gw tercapai.

Selain berlatih teknik dasar bermain basket, pada setiap akhir hari pelatihan diadakan pertandingan untuk mengadu dua tim putra maupun dua tim putri yang ada. Di sinilah tugas gw sebagai penerjemah perlahan-lahan terasa berubah menjadi “asisten pelatih”. Gw menjadi “asisten pelatih” Coach Neal Meyer (Los Angeles Clippers). Pengalaman yang sangat seru!

Pada hari kedua, gw sempat membantu Coach Joe Prunty (Portland Trail Blazer) dan Coach Neal dalam menerjemahkan materi dalam kuliah/seminar yang mereka berikan kepada para pelatih yang datang dari 16 kota di Indonesia. Sebuah kegiatan yang tidak kalah menggairahkan. Menyaksikan interaksi pertukaran ilmu antara NBA kepada para pelatih sekolah Indonesia sungguh menyenangkan.

Segudang momen dan pelajaran yang gw dapatkan pada Indonesia Development Camp 2009 ini akan coba gw bagi dan ceritakan dalam beberapa tulisan dalam beberapa hari ke depan.

(Bersambung..)

5 pemikiran pada “Salah Satu Pengalaman Terbaik Gw (Indonesia Development Camp 2009. Surabaya, 16-18 Agustus 2009)

  1. kalau pengalaman terbaik aku ada sih ..
    yaitu waktu aku kelas 1 smp .. waktu itu kan ada cwok yg gnteng de, trus dia nembak aku ..
    aku terima aja, tapi sayangnya, cuma 4 bulan kurang kita pisah, gara2 aku tau cowok itu cowok gak bener ..

    :: Aku gg mau ngalamin itu lagi ::

Tinggalkan Balasan

