Bram Oetomo, Inspirasi Anak Basket SMA Santa Maria Surabaya

Pada Honda DBL 2008, Bram Oetomo masih membela tim basket SMA Santa Maria Surabaya. Tahun ini, Bram hanya bisa mendukung sekolahnya dari bangku penonton. Namun, semangatnya tidak pernah padam, meski kakinya lumpuh.

Bram bukanlah sembarang kapten. Dia adalah kapten basket yang banyak menginspirasi anak-anak Sanmar, kependekan SMA Santa Maria Surabaya. Bram menjadi salah seorang pemain andalan Sanmar yang mengantarkan sekolahnya hingga ke babak fantastic four pada 2007.

SanmarBram

Pada Januari 2009, dia mengalami musibah yang meredam hobi utamanya bermain basket. Bram mengalami kecelakaan, yaitu ditabrak lari, saat pulang berlatih basket. Tulang punggungnya remuk. Hal itu mengakibatkan dia lumpuh, mulai pinggang ke bawah.

Bram sempat koma empat hari dan harus dirawat di rumah sakit selama satu bulan. Siapa pun yang mengalami kejadian nahas seperti itu pasti terpukul. Hebatnya, Bram tidak pernah menunjukkan hal tersebut di depan teman-temannya.

”Setelah dia sadar, kami jenguk dia. Tapi, Bram tidak muram, malah meyakinkan kami kalau dia itu orang yang kuat untuk menghadapi ini,” ujar Michael Avilianto, koordinator suporter Sanmar sekaligus teman dekat Bram.

Sejak kejadian tersebut, Bram tidak bisa lagi mengajarkan teknik basket dengan mencontohkan secara langsung. Meski demikian, dia tetap bisa membagikan ilmunya, walau hanya secara lisan. Kecintaan Bram pada basket memang tidak berubah, juga terhadap tim Sanmar.

Bram juga selalu mendukung saat tim basket Sanmar bertanding. Jika tidak bisa datang, dia ingin selalu update hasil pertandingan. ”Kita sampai hafal maunya Bram. Selalu ingin tahu hasil pertandingan. Jadi, tiap Sanmar main, kami selalu kasih kabar,” ujar Michael.

Ketika tim Sanmar berlatih, Bram sering mendampingi dan datang pertama di tempat berlatih. Tidak jarang, dia memberikan masukan-masukan ke tim basket Sanmar. Terutama soal beragam teknik bermain basket.

Bram juga sering mengirimkan SMS kepada tim basket Sanmar untuk memberi semangat. Kebiasaan itu dilakukannya setiap kali tim Sanmar akan bertanding. Isinya mengingatkan untuk selalu bermain tenang dan maksimal.

Salah satu hal yang paling disuka teman-temannya dari Bram adalah caranya saat memberikan masukan. Teman-temannya, termasuk Michael, tidak pernah merasa digurui. Bram selalu memberikan kesempatan kepada teman-temannya untuk mencoba sendiri.

Untuk mengobati rasa kangen Bram, Michael mengajaknya untuk menyaksikan pertandingan antara tim putra Sanmar melawan SMA Santa Agnes Surabaya kemarin (5/8). ”Maka, aku coba bilang ke panitia, ternyata, boleh naik lift. Begitu aku kabari, dia senang bukan main.

Aku juga ikut senang,” ungkap Michael. Kemarin (5/8) Bram datang saat tim putra Sanmar bertanding melawan SMA Santa Agnes Surabaya. Para penonton di tribun DBL Arena langsung hening sesaat.

”Semua orang kasih dukungan dan semangat ke aku. Jadi, aku pikir kenapa harus sedih dan menyerah. Aku mau sembuh biar bisa main basket lagi,” ujar Bram ceria. Dia memang terlihat bersemangat saat mendukung tim Sanmar kemarin. Bram tidak menghiraukan, meski kakinya terkadang gemetar.

Setelah lulus dari SMA Santa Maria tahun ini, Bram seharusnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, rencana itu harus ditunda dulu. Sebab, Bram akan fokus pada penyembuhan kaki. Tim putra Sanmar kemarin berhasil melaju ke babak big eight setelah menang melawan Santa Agnes dengan skor 49-32. (puz/dee/kkn)

9 pemikiran pada “Bram Oetomo, Inspirasi Anak Basket SMA Santa Maria Surabaya

  1. hebat…. semangat yg mengobarkan semangat orang lain….

    kalo cuma kekilir, kaki bengkok, atau jari geser dah biasa

    nih dah lumpuh, semoga aja menginspirasi seluruh pecinta basket

  2. Teruslah maju dan jangan menyesali hal-hal yang sudah terjadi!!!

    Cepatlah sembuh, kami semua menunggmu untuk bermain basket lagi!!

    Ciayo!!!

  3. terharu banget dengan semangat Bram, walaupun masalah kelumpuhan membuat dia ga bs main basket, tapi semangatnya ga bisa padam untuk tetap cinta basket.
    Semangatnya patut ditiru. Never give up!!!

  4. semangat trus bwat bram,,aq slut ma kmu
    kmu ga menyerah mski udah dbri cobaan kyak gni
    aq salut bgtz ma u
    smgat trus ya n mga cpet sembuh :)

  5. wew.. keren.. two tumbs up buat ko bram^^
    keep on fire..
    dont give up..
    mskipun q msh smp.. tp tetep salut..
    wait for you to play again..
    xDD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s