Balikpapan Sapu Gelar DBL Samarinda

SAMARINDA – Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2009, terus menyedot ribuan penonton di berbagai penjuru Indonesia. Usai final di Samarinda, Kalimantan Timur, kemarin (1/8), penyelenggara mengklaim total penonton sudah menembus angka 250 ribu orang.

FINAL DBL-SAMARINDA OK

“Sebelum kompetisi di Samarinda, dari 13 kota dan provinsi yang sudah kami kunjungi, total penonton sudah mencapai angka 230 ribu orang. Di Samarinda, jumlahnya tembus 20 ribu orang. Berarti, total kini sudah 250 ribu penonton dari 14 provinsi di Indonesia,” papar Azrul Ananda, commissioner DBL.

Kemarin, Lebih dari 4.000 penonton bergantian menyesaki GOR Segiri, tempat diselenggarakannya final Honda DBL Kaltim Post 2009. Padahal, tidak ada satu pun tim finalis yang berasal dari Samarinda.

SMAN 1 Balikpapan sukses meloloskan dua timnya ke final. Tim putri melawan SMA YPVDP Bontang, sedangkan tim putra melawan SMKN 1 Balikpapan. Sebanyak 12 bus kemarin membawa pendukung Balikpapan ke Samarinda (sekitar dua jam perjalanan). Belum lagi kendaraan-kendaraan pribadi.

Final kemarin pun seolah menjadi pesta Balikpapan di Samarinda. Apalagi, SMAN 1 Balikpapan berhasil mengawinkan gelar basket, plus meraih juara pertama Yel-Yel Competition. Tim putri SMAN 1 Balikpapan menang 92-29, tim putranya menang 71-35.

“Bangga. Bangga rasanya. Ini yang terbesar. Kami sudah mempersiapkan diri selama empat bulan,” kata I Made Jasa, pelatih tim putri SMAN 1 Balikpapan.

Dengan total penonton lebih dari 20 ribu orang sejak pembukaan 24 Juli lalu, berarti Kaltim mencapai angka hampir sama dengan Lampung sebagai provinsi baru dengan penonton terbanyak. “Kami masih harus menunggu audit terakhir untuk mengetahui angka pastinya.Tapi memang nyaris sama,” kata Elfira Ahsanti Mahda, event & entertainment manager DBL Indonesia.

Tahun ini, memang ada lima provinsi baru yang disinggahi Honda DBL. Tiga lainnya adalah Papua, Jabar, dan Bali. Sekarang, Honda DBL 2009 tinggal menyisakan seri terbesar di Jatim, yang diikuti oleh 258 tim di dua wilayah, North (Surabaya) dan South (Malang).

Tahun lalu, penonton di Jatim disebut mencapai 100 ribu orang. Kalau itu berhasil diulangi tahun ini, maka total penonton Honda DBL 2009 bisa tembus 350 ribu orang dari 15 provinsi di Indonesia.

“Tidak ada even basket atau olahraga lain yang mampu menyedot penonton seperti Honda DBL. Kami berterima kasih kepada semua penggemar kompetisi ini, karena membuat kami makin bersemangat mengembangkan ajang ini di provinsi-provinsi lain di Indonesia,” kata Azrul.

Penggemar basket di Kaltim pun berharap kompetisi ini bisa tumbuh lagi di provinsi tersebut tahun depan. “DBL memberi kesempatan kepada pemain yang selama ini tidak berkompetisi untuk unjuk diri. Untuk tahun depan, perlu ditingkatkan jumlah pertandingan dan peserta. Sistem tahun depan kalau bisa juga sistem setengah kompetisi,” kata Agus Salim, ketua bidang organisasi Pengprov Perbasi Kaltim. (obi/jpnn)

(Berita dari Aziz DBL)

Iklan

Satu pemikiran pada “Balikpapan Sapu Gelar DBL Samarinda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s