Pontianak, Final DBL yang Sangat Meriah!

PONTIANAK – Mau nonton pertandingan basket paling meriah? Silakan datang ke Pontianak, Kalimantan Barat. Paling tidak, jangan lupa datang tahun depan ketika kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, DetEksi Basketball League (DBL), kembali berkunjung ke sana.

DBL FINAL PONTIANAK

Kata “meriah” pun mungkin tak cukup untuk menggambarkan suasana final Honda DBL Pontianak Post 2009 kemarin (26/7), di GOR Pangsuma Pontianak. Hampir 5.000 penonton kemarin bergantian memadati gedung basket berkapasitas sekitar 3.000-an penonton tersebut. Bukan hanya suporter tim yang bertanding, juga suporter finalis Yel-Yel Competition dan penonton umum.

Rombongan terbesar datang dari SMA Santu Petrus Pontianak, mengisi dua blok tribun GOR Pangsuma. Maklum, sekolah itu berhasil meloloskan tim putra dan putrinya ke final. Rombongan terheboh, mungkin datang dari SMAN 1 Pontianak. Sekitar 200 anak datang untuk mendukung tim yel-yel yang lolos ke final. Di antara rombongan itu adalah tim marching band sekolah, yang datang komplet dengan seragam, peralatan, bahkan sepasang mayoret!

Semua tim yel-yel yang kemarin tampil mungkin memang sangat layak untuk didukung. Persaingan mereka tidak kalah serunya dengan persaingan berebut gelar basket. Bahkan menurut panitia dari DBL Indonesia, yel-yel di Kalbar ini mungkin yang terbaik di Indonesia.

“Tahun lalu, Pontianak termasuk paling meriah. Tahun ini, dari 16 kota yang dikunjungi Honda DBL, Pontianak kembali membuktikan sebagai yang paling meriah,” kata Azrul Ananda, Commissioner DBL yang kemarin hadir di GOR Pangsuma setelah dua hari sebelumnya berturut-turut menyaksikan pembukaan di Samarinda dan final di Banjarmasin. “Mengenai kompetisi yel-yel, di Pontianak mungkin yang terbaik di Indonesia. Lima finalis benar-benar menyuguhkan show untuk penonton, dengan gerakan-gerakan dan koreografi yang rumit, dipadu kostum yang meriah. Semua lima besar itu bisa juara di kota-kota lain, termasuk di home base DBL, di Surabaya,” lanjutnya.

Kemarin, setelah bersaing ketat, tim yel-yel SMA SMA Kemala Bhayangkari Kuburaya tampil sebagai juara. Diikuti SMAN 1 Pontianak dan SMAN 7 Pontianak.

Sedangkan untuk pertandingan basket, para pendukung SMA Santu Petrus pulang bahagia. Setelah tahun lalu merebut gelar juara putra, kali ini mereka sukses mengawinkan gelar. Tim putri Santu Petrus mengalahkan SMA Gembala Baik Pontianak, 55-5, sedangkan tim putranya menang mudah atas SMK Immanuel 2 Pontianak, 114-34.

Sukses ini merupakan lanjutan sukses pula dari Hendry Bonardi, pelatih Santu Petrus. Tahun lalu, dia dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik Honda DBL, ikut terpilih bergabung di DBL Indonesia All-Star Team, belajar dan bertanding di Perth, Australia.

Tahun ini, dia juga terpilih menjadi salah satu pelatih terbaik. Dia akan kembali terbang ke Surabaya pada 15-18 Agustus mendatang, ikut Indonesia Development Camp 2009 yang diselenggarakan NBA dan DBL. Ditanya soal sukses ini, Pak Bun –panggilan akrab Hendry Bonardi–seperti kehilangan kata-kata. “Bangga. Bangga,” begitu ucapnya.

Setelah final kemarin, total hampir 18.500 penonton menyaksikan Honda DBL Pontianak Post 2009 (dalam delapan hari pertandingan). Kini, tinggal tiga kota tersisa di rangkaian Honda DBL 2009. Di luar Jawa, tinggal kompetisi di Samarinda, Kaltim, yang kini sedang berlangsung dan berakhir pada 1 Agustus mendatang.
Seri Jawa Timur, yang terbagi di dua wilayah, North (Surabaya) dan South (Malang) bakal menjadi penutup. Final Honda DBL East Java 2009 dijadwalkan berlangsung pada 15 Agustus, dihadiri oleh bintang NBA Kevin Martin (Sacramento Kings). (art/jpnn)

(Berita dari Aziz DBL. Lebih lengkap ikuti www.deteksibasketball.com)

Iklan

10 pemikiran pada “Pontianak, Final DBL yang Sangat Meriah!

  1. jujur kami sulit utk dpt formulir nya, maklum kami tim basket smansa ketapang jauh dari pontianak…, tapi punya smngt utk ikut DBL tahun depan ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s