Pembukaan DBL Pertama di Samarinda

SAMARINDA – Game pertama baru dimulai, gedung pertandingan sudah penuh sesak oleh penonton. Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2009, langsung mendapat sambutan dahsyat di penyelenggaraan pertamanya di Kalimantan Timur.

DBL OPen Samarinda OK

Kemarin (24/7), hampir 4.000 penonton bergantian memadati GOR Segiri, menyaksikan empat pertandingan di hari pembukaan Honda DBL Kaltim Post 2009. Kebanyakan sudah datang sejak pertandingan pertama. Bukan hanya bersorak mendukung tim, para penonton juga kompak menyanyi bersama, mengikuti lagu-lagu yang diputar di gedung berkapasitas sekitar 2.500 penonton tersebut. Saking hebohnya, kalangan basket di Kaltim sendiri kagum.

“Saya belum pernah melihat penonton basket, khususnya antar-pelajar, seantusias ini. Kita pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan basket besar, termasuk Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional, Red), tapi penontonnya tidak seramai ini,” kata Agus Salim, koordinator pertandingan dari Pengprov Perbasi Kaltim.

Bingung namun tetap antusias

“DBL ini membingungkan saat pendaftaran. Lebih rumit dari kompetisi lain. Karena harus menggunakan ijazah (SMP, Red). Pemain tim kami berasal dari berbagai kota, jadi kami harus mengumpulkan dulu semuanya, kemudian mengembalikan lagi ke kota masing-masing,” kata Parardya Stirabudhi, center SMAN 10 Melatih Samarinda.

Tapi, begitu merasakan atmosfer pertandingan, segala keribetan itu langsung terbayarkan. “Meski SMAN 10 Melati kalah di pertandingan pertama ini, kami bangga bisa ikut DBL. Semoga kompetisi ini berjalan lancar, dan jumlah timnya terus bertambah,” lanjut Parardya.

Menurut Commissioner DBL Azrul Ananda, pembukaan kompetisi di Samarinda ini termasuk yang terheboh di antara seluruh kota penyelenggara Honda DBL. Dari segi jumlah, hanya pembukaan di Surabaya yang lebih besar. Tapi itu bisa dimaklumi, karena Surabaya dan Jawa Timur adalah home base kompetisi ini.

“Bahkan, jumlah penonton pembukaan ini terbanyak di antara semua kota penyelenggara baru. Sekarang tinggal menunggu, apakah jumlahnya bisa terus tumbuh sampai final,” ucapnya. Bagi Azrul sendiri, kompetisi di Samarinda ini juga memberi kebanggaan ekstra. “Saya lahir di Samarinda. Senang bisa membawa kompetisi ini ke kota kelahiran saya sendiri. Dan melihat kehebohan hari pertama, mungkin Kaltim bisa menjadi salah satu provinsi terbesar untuk DBL,” lanjutnya.

Final di Kalsel dan Kalbar

Kaltim merupakan provinsi ke-15 yang menjadi tuan rumah Honda DBL tahun ini. Seperti di provinsi lain, sebanyak lima pemain putra, lima pemain putri, dan dua orang pelatih bakal dipilih oleh DBL Indonesia untuk terbang ke Surabaya. Pada 15 Agustus, mereka akan menyaksikan final Honda DBL East Java 2009. Kemudian, pada 16-18 Agustus, mereka akan mengikuti Indonesia Development Camp 2009.

Di even kerja sama antara NBA dan DBL itu, mereka akan mendapat materi latihan langsung dari bintang NBA, Kevin Martin (Sacramento Kings), serta dua asisten pelatih NBA (Neal Meyer dari Los Angeles Clippers dan Joe Prunty dari Portland Trail Blazers).

Sementara Kaltim baru merasakan Honda DBL, kompetisi di Kalsel dan Kalbar sudah memasuki babak akhir.
Hari ini (25/7), final Honda DBL Radar Banjarmasin 2009 diselenggarakan di GOR Hasanuddin Banjarmasin. Besok (26/7), giliran final Honda DBL Pontianak Pos 2009 diselenggarakan di GOR Pangsuma, Pontianak.

Di Jawa Timur, hari ini juga diselenggarakan pembukaan Honda DBL East Java 2009 – South Region di Kota Malang. (dat/ido/jpnn)

(Info dari Aziz DBL)

Iklan

13 pemikiran pada “Pembukaan DBL Pertama di Samarinda

  1. adain seleksinya di tarakan donkk
    kayak ngeremehin tarakan bangett

    DBL kira tarakan ga ada basketnya ??
    lebih bagus kali dari berau sm sekatak bontang Samarinda..

    laen kali tolong diperatiin dolo baru ngadainn..
    thx..

  2. Hi Dante!

    He he he. Senang sekali kami dari DBL Indonesia ketika membaca komentar kamu di web ini. Kami menganggap, itu berarti DBL diterima dengan baik. Semoga memang begitu ya…

    Jujur saja, kami sangat sangat ingin acara ini bisa mengunjungi semakin banyak daerah di Indonesia. Tapi, memang kami yakin, bahwa untuk berkembang, perlu step by step. Tahun lalu, Honda DBL diadakan di 11 kota, 10 provinsi di Indonesia. Tahun ini, Honda DBL mengunjungi 16 kota, 15 provinsi.

    Sejauh ini, perkembangan DBL memang dilakukan per provinsi lebih dulu. Tapi, di Jawa Timur, karena sudah tahun keenam, acara diadakan di dua kota. Surabaya dan Malang. Jadi, bisa lebih memudahkan peserta untuk mengikuti kompetisi.

    Tahun ini, DBL memang baru pertama mengunjungi Kaltim. Dan, acara di Kaltim ini bukan hanya untuk Samarinda. Tapi, juga untuk semua kota di Kaltim. Jadi, juara yang dipilih, juga League DBL First Team yang akan berangkat mengikuti NBA-DBL Indonesia Development Camp, mereka adalah wakil Kaltim, bukan hanya wakil Samarinda.

    Siapa tahu, suatu saat nanti, DBL di Kaltim juga bisa diadakan di beberapa kota. Siapa tahu, salah satunya di Tarakan. Doakan ya!

    Tapi, sambil menunggu waktu itu, kami pasti senang sekali kalau ada sekolah dari Tarakan yang bersedia mengikuti Honda DBL. Ditunggu ya tahun depan!

    Doakan juga semoga DBL bisa terus berkembang dengan baik dan bisa mengunjungi semakin banyak wilayah di Indonesia.

    Terima kasih, Dante!

    Aziz DBL Indonesia

  3. sebagai warga kaltim khususnya samarinda, saya senang karena kegiatan seperti ini di laksanakan di samarinda sebagai tuan rumah. saya juga berharap kepada pelaksana n sponsor jgn hanya sampai di sini saja kegiatan ini berlangsung kalau bisa berkelanjutan walau nama kegiatannya berbeda. kita harus bisa mendukung generasi kita ke segi positif terkhusus dalam hal olah raga. semangat olah raga Indonesia. mens sana in corpore sano

  4. to DBL

    Kota Bekasi merupakan bibit pebasket di Indonesia
    sayang di Bekasi tidak ada pemerhatian dari Jawa Barat
    karena itu, kebanyakan atlit Bekasi pindah ke Jakarta semua
    mohon di buat DBL Bekasi
    supaya atlit Bekasi tidak pergi dari Kotanya

  5. @ Yusuf Rinto

    Terima kasih Yusuf atas dukungannya. Doakan DBL bisa terus berlangsung dan bisa semakin banyak mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia.

    @ Ishak
    Mulai 2009, DBL juga mengadakan kompetisi di Jawa Barat. Penyelenggaraannya di Kota Bandung. Pada Februari lalu, sekolah dari Depok juga mengikuti kompetisi ini.

    Mohon dukungannya ya Ishak, semoga tahun depan DBL bisa kembali menyelenggarakan kompetisi di Jawa Barat, sehingga dari Bekasi bisa bergabung dengan peserta-peserta lain. Atau siapa tahu, suatu saat nanti, DBL bisa diadakan di kota yang lebih dekat dengan Bekasi, sehingga lebih mudah untuk berpartisipasi.

  6. sama2..
    tahun depan kayaknya ga ada lagi penerusnya..
    makanya saya ngebet pengen ikut yg ini..

    paling2 juga juaranya sman 1 BPP..

    tapi ga apa juga deh tahun depan..
    biar saya ga main yg penting basket indonesia maju n semakin rame juga kompetisi2 basket di indonesia..

    thxx

  7. Dante,

    Wah.. sayang ya tahun ini belum bergabung sama yang lain. Padahal, kalau Tarakan mau ikut, bisa tuh gabung di Honda DBL seri Kaltim.

    Ya, semoga tahun-tahun berikutnya DBL bisa terus berkembang dan siapa tahu suatu saat nanti juaranya dari Tarakan.

    Kalau sempat, jangan lupa mampir di final Honda DBL di GOR Segiri Samarinda ya. Sabtu ini, 1 Agustus.

    Thanks!
    http://www.deteksibasketball.com

  8. DBL is very booming in samarinda!
    today is the final day between SMAN 1 balikpapan and SMKN 1 balikpapan . they both are come from bpp.

    my school,SMAN 1 samarinda lost last thursday vs SMKN 1 bpp. But, we remain proud! I LOVE SMANSA and BASKETBALL LEAGUE so much :*

  9. hari nee ga ntn final di segiri.
    huhu

    kecapekan hbs les,ngantuk dan pusing ..
    padahal tiket udh di tangan.
    ckckck.
    dan papa yg pegi ntn,penasaran amat liat para calon penerus basket kaltim.

    suporter smansa berkurang dehh ga ad ak !
    wkwkwk.
    wlopun ktnya smansa ga maen..emang iy?

    suporter smansa smd harus heboh dari bpp!WE NEVER GIVE UP! yeah..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s