Garuda Kebanggaan Gw! Garuda Kebanggaan Kota Bandung!!

Selama sekian banyak pengalaman gw menyaksikan pertandingan-pertandingan IBL, tidak ada yang bisa melebihi kehebatan pertandingan Final Four IBL 2009 game ketiga penentuan antara Garuda Flexi Bandung melawan XL Aspac Jakarta kemarin. Pertandingan dimenangkan oleh Aspac 69-65 setelah sebelumnya melewati masa overtime dan berhak melangkah ke final melawan Satria Muda Britama Jakarta.

header 702

Gw enggan mengomentari pertandingan karena kedua tim bermain sportif dan wasit pun memimpin dengan adil. Pertandingan yang disaksikan ribuan pendukung Garuda yang memenuhi GOR C-Tra Arena (bahkan ada yang sampai duduk di tangga) tersebut benar-benar sebuah tontonan dramatis dan emosional baik bagi pemain tak kurang pula bagi para pendukung Garuda.

Drama sesungguhnya terjadi di detik-detik akhir pertandingan. Garuda sudah mengeluarkan seluruh kemampuannya, Aspac bermain bagus, pendukung pun tak pernah henti bersorak memberikan dukungan untuk Garuda.

Ketika waktu pertandingan berakhir, aura kesedihan dan kekecewaan terpancar di dalam GOR C-Tra Arena. Banyak (hampir semuanya) penonton tak beranjak dari tempat duduk, merasa tak percaya atas kekalahan yang menyakitkan ini.

Beberapa pendukung Garuda menangis, beberapa lagi tak mampu bangkit dari duduk dalam waktu yang sangat lama.

Nico Donnda (Pemain nomor punggung 1 Garuda) menangis penuh kesedihan sambil coba ditenangkan oleh Simon Pasaribu, Manajer Garuda. Beberapa pendukung Garuda benar-benar terbawa oleh suasana ini. Kesedihan yang sangat mendalam. Usai diwawancara kru televisi, Aguy kembali terduduk lemas di bawah ring seperti benar-benar tak percaya apa yang telah terjadi. Ketika menaiki bis, para pemain Garuda masih mendapatkan tepuk tangan salut dan hormat sangat meriah oleh para pendukungnya.

Mata Mario Wuysang terlihat sembab. Kesedihan terlihat pada semua pemain Garuda.

Garuda adalah tim yang sangat spesial

Gw merasa berada di antara para pendukung fanatik yang menyaksikan pertandingan tim favoritnya bukan sebagai hiburan semata. Gw yakin siapapun akan merasakan ikatan emosional yang sangat kuat antara warga Bandung dan Garuda Flexi Bandung.

Akhir tahun 2008 lalu saat Garuda menjuarai Turnamen IBL mengalahkan SM, Bandung larut dalam euforia dan keyakinan serta ekspektasi yang besar akan tim ini. Ketika Garuda gagal kemarin, gw tidak mendengar nada kekecewaan, yang ada hanya sedih dalam diam menyatu dengan kebanggaan menjadi pendukung Garuda.

Tak banyak pendukung yang melewati masa-masa bahagia dan sedih bersama tim favoritnya. Gw bahkan nggak yakin ada tim-tim lain di IBL yang memiliki pendukung sefanatik pendukung Garuda Flexi Bandung.

Gw adalah fan Seattle Sonics (walau sekarang sudah bubar), gw adalah fan Manchester United, gw adalah fan Persib Bandung, namun belum ada yang membuat gw bangga melebihi kebanggaan menjadi fan Garuda!!!

24 pemikiran pada “Garuda Kebanggaan Gw! Garuda Kebanggaan Kota Bandung!!

  1. Gw ga kecewa dengan kekalahan garuda tpi jujur gw sedih bgt bgt smpe” gme kmren kbwa mimpi n ga bsa tdur (emang sdikit lebay) tpi itu yg gw rasa’in..
    Bru kali ni gw ngerasain ky gni..
    Smoga kekalahan kmaren bsa jd hkmah bwt GFB..
    Do the best next year!!
    Kita smua slalu ad bwt tim kbanggaan kota bandung! Cayo

  2. kayanya rastafari ma johanes winar harus kembali ke garuda………
    merka dh nyatu ma garuda………

    chayo…
    next year garuda bakalan jd yg terbaik…

  3. emg bnr g lbay apa yg dmimpiin qha..
    gw jg kmrn mlm mimpiin nak” gfb…
    kmrn gw g bs brdiri pas mw plg…

    hope next season will be better..
    n yg pst,
    bwt fan setia gfb, ttp ngdukung gfb, g henti”nya..

  4. iah bener beud
    kmrn emosi bener” ngeledak..
    supporter yang bener” rame bahkan hampir gak da celah buat duduk…

    bikin gw bangga udh mensupport garuda
    garuda bermain bagus
    tp mgkn nie semua jalan nya garuda..
    kita gak kalah..
    kita cuma di kasie kesempatan taon depan untuk jadi pemenang..
    cayo garuda
    lebih baik lg tahun depan

  5. gw juga kmrn hanya bisa terdiam dan nangis..
    hawanya bener” kerasa mpe hari nie

    tapi garuda di dadakuw
    garuda kebanggaankuw

  6. Saya juga bangga jadi pendukung Garuda Bandung

    Dari mulai namanya Panasia Indosyntec sampai detik ini namanya jadi Garuda Flexi Bandung. Ga akan pudar kecintaan saya sama Garuda. Apa pun yang terjadi sama Garuda.

    Maju terus Garuda Bandung

  7. HetredaZefanya@mainbasket TRUE!! Gw aja sampe smalem masih mimpiin over time GARUDA-Aspac.. Tp sense of belonging org bdg sm GARUDA emang gede bgt.. Kewl!

    HetredaZefanya via twitter

  8. Gw tw mental pmain” garuda saat ni lg down tpi knp hrs mengundurkan dari fiba?? Pdhalkan turnamen itu bsa jd pmbuktian bwt tim garuda klo mreka itu tim juara..
    Seengga.y klo mreka ga bsa rbut juara ibl taun ini tpi mreka bsa bwa nma baik indonesia d’luar..
    Jujur gw kcewa dgn pngunduran diri garuda dri fiba tpi ya sdhlah mngkin itu yg t’baik bwt GARUDA n gw hrap jg bwt INDONESIA..

  9. ayo garuda!!

    main basket itu seperti gelombang, ada di atas ada di bawah (ceilehh), ya disimpulkan ada hikmah di balik semua.
    kalo kata ak lebih baik garuda (dan seluruh org yg maen basket di indo) liat tuh pemain yg lebih jago2 di luar negeri, cari yg gampang ditonton aja kayak nba, jangan bangga dulu dengan kemampuan sendiri
    sky is the limit, pemain sini juga harus mendobrak barrier takut buat ngedunk pas pertandingan, soalnya itu bisa membuat “wajah baru” untuk semua kalangan hehe
    sori kalo ada salah kata ato yg terlalu ga enak yo

  10. gw fan garuda,sblmnya gw msh binggung y,di internet ditulis,kalo juara ibl 2008 itu garuda,tp wktu gw nntn juaranya sm.
    trus juga di ibl 2009 ini
    garuda g bisa masuk final cz,kalah dr aspac.
    gw harap itu semua cuma gosip..
    tp kalo emang bener,mau diapain lg.
    gw sdh bgt bgtu dgr garuda g bisa masuk final,
    tp buat gw garuda tetap juara
    dan kekalahan garuda itu cuma kebetulan.
    maju terus garuda,thn depan kalian pst juara
    gw harap pemain2 garuda g da yg pergi.
    trus garuda balik lg ke fiba..
    go go go garuda
    u are the legend.walaupun gw anak bengkulu,bg gw garuda tim kebanggaan gw.
    GARUDA SHOW UR GAME

  11. Garuda memang mengundurkan diri dari FIBA dan meminta Pelita Jaya mewakili Indonesia di FIBA. Dan rencananya PJ bakal meminta Kelly(yang katanya bisa memukau pemain filipina karena aksinya yang bergaya streetball-gw denger dari bung toto saat game GB vs Aspac di seri terakhir IBL), Isman Thoyib n Agustinus Indrajaya. Katanya GB pengen lebih konsen ke IBL….

Tinggalkan Balasan

