Ini Dia Para Empat Besar di Final Four IBL 2009

Satria Muda Britama Jakarta

Walau SM adalah kandidat juara, sejujurnya gw sebenarnya sangat tidak ingin melihat mereka kembali menjadi pemuncak liga bola basket Indonesia. Mereka sudah sangat mendominasi. Dan semua orang tahu jika sebuah tim terlalu mendominasi sebuah liga, liga tersebut akan membosankan. Mudah ditebak dan lama-kelamaan akan ditinggalkan oleh para penggemarnya.

Bukan salah SM untuk menjadi sebuah tim yang paling kuat beberapa tahun ini. Di tahun 2009 ini pun, SM adalah kandidat kuat juara. Menurut gw, kualitas para pemain SM sebenarnya tidaklah banyak berbeda dengan pemain tim-tim lain di IBL. Posturnya pun sama-sama saja. Kekompakan tim SM yang diramu oleh Pelatih Fictor Roring barangkali adalah salah satu kunci utamanya. Tim ini sangat padu. Jadi siap-siaplah menerima hasil yang tidak mengejutkan. SM juara lagi.

Nuvo CLS Knights Surabaya

Alasan gw menempatkan CLS di bawah SM bukan karena posisi mereka di klasemen terakhir adalah di bawah SM, tetapi lebih kepada CLS sebagai kuda hitam yang patut diwaspadai dan akan menghadapi SM di semi final alias Final Four.

Perjalanan CLS di kompetisi reguler tidaklah begitu mulus. Mereka sempat terseok-seok di tengah kompetisi. Seiring hengkangnya Coach Bong dan digantikan oleh Simon Wong penampilan tim berangsur-angsur membaik. Korban pertama mereka adalah Pelita Jaya Esia yang dinahkodai pelati senior Rastafari pada babak play-off di Malang minggu lalu.

Jika penampilan Febri dan Yayan berada pada titik puncak, sangat mungkin CLS mengalahkan SM. Gw rasa ini hanyalah masalah motivasi. Kebanyakan tim IBL sangat overestimate terhadap SM. Semoga CLS tidak begitu!

XL Aspac Jakarta

Inilah tim yang masih sangat mungkin mengambil mahkota juara dari SM. Namun kekuatan Aspac sejak tahun lalu seperti memudar. Tim ini dikalahkan oleh Garuda pada Final Four tahun lalu. Padahal mereka masih diperkuat Andi Batam, Yayan, dan Mario Wuysang.

Kekuatan Aspac seringkali disetarakan dengan Garuda Flexi Bandung. Indikasi kualitas permainan mereka pun diperbandingkan dengan Garuda. Pada pertandingan terakhir Aspac melawan Garuda di GOR C-Tra Arena di seri terakhir yang lalu, kemenangan Aspac atas Garuda seolah menjadi penanda bahwa tim ini mulai bangkit lagi. Yup, mereka masih punya Thoyib, Vinton, Xaverius, dan tentu saja Riko!

3086_69351128214_574388214_1586133_3598085_n

Garuda Flexi Bandung

Garuda adalah harapan fans IBL yang anti mainstream (baca: dominasi SM). Tim Bandung ini bertabur bintang. Tidak salah jika mereka menjadi harapan utama bagi bukan hanya publik Kota Kembang tetapi banyak fans IBL di kota-kota lain.

Kedahsyatan individu Denny Sumargo, Mario Wuysang, Kelly Purwanto, Lolik, Andre Tiara, Aguy, Wiwin, dan kawan-kawan sudah tidak diragukan lagi. Sayang, penampilan mereka sebagai sebuah tim yang kompak masih belum teruji. Kekuatan daya serang mereka sangat menakutkan. Namun kerapuhan pertahanan menjadi keuntungan tim-tim lawan.

Penampilan terakhir Garuda di kandang saat dikalahkan SM dan Aspac membuat fans-nya mulai ragu. Akankah Garuda benar-benar mampu menjadi tumpuan harapan menghajar SM. Hmm, sulit untuk menjawab pertanyaan ini, yang pasti, Garuda tak mungkin tinggal diam setelah dua kekalahan menyakitkan di kandang beberapa waktu lalu.

(Foto oleh Ino)

6 pemikiran pada “Ini Dia Para Empat Besar di Final Four IBL 2009

  1. hallo XL ASPAC JAKARTA sekarang ini sudah menuju final four bagi tim ASPAC JAKARTA yang harus bisa merebut piala yang ada di kubu SM BRITAMA semoga berhasil.untuk semua pemain harus fokus dan juga konsentrasi penuh ,buat,Riko,toyib Vinton,Xaverius,tolong,DEFENS/OFFENSnya,di Presser,jangan ada celahsedikit pun .

  2. akhirnya IBL sampe pd babak2 terakhir ya… Bwt SM Britama, keep fighting till the end ya Guys…
    pokoknya kalian harus menang ’cause tou do deserve that. jaga trus kekompakan. Gud Luck ya…

  3. menurut q SM memang mendominasi tp kan para pemaine kan dah banyak yg d rooling so mnrt q tetap intine SM pelatihnya hebat mau pemain sapa aj tetep paling top hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s