Garuda Flexi Bandung Salah Satu Kunci Jika IBL Ingin Maju!

Kekalahan Garuda Flexi Bandung dari dua seteru utamanya di kandang sendiri pada lanjutan Putaran II Seri 6 IBL 2009 benar-benar membuat gw sedih. Ada dua penyebab kesediahan gw dari kekalahan Garuda. Kesedihan pertama adalah karena Garuda Flexi Bandung adalah tim favorit gw. Layaknya seorang fan sebuah tim olahraga di mana pun di dunia, kekalahan tim yang didukungnya adalah hal yang sangat tidak diharapkan. Seorang fan kadang kala sering berlaku emosional, kita tidak peduli apakah materi, kondisi fisik, kemampuan teknik, kekompakan bermain, atau kehandalan strategi sedang bobrok, yang kita para fans ketahui dan inginkan adalah tim kita menang. Dengan sportif tentunya.

3086_69359473214_574388214_1586179_595536_n

Kesedihan kedua lebih dikarenakan pandangan subyektif gw yang merasa bahwa Garuda Flexi Bandung sebenarnya adalah sebuah tim yang sangat diharapkan dapat mengangkat kembali pamor IBL yang semakin meredup. Miskin inovasi sebagai alternatif hiburan dan dominasi Satria Muda Britama Jakarta serta XL Aspac Jakarta membuat IBL bukan menjadi pilihan utama untuk memperoleh kesenangan alternatif.

Sekitar tiga tahun lalu, saat Garuda masih bernama Garuda Panasia Bandung, GOR C-Tra arena tak pernah dikerubuti penonton yang antusias untuk menyaksikan pertandingan. Menyaksikan IBL ibarat menonton sinetron yang menyebalkan yang hasil akhirnya sudah sangat-sangat bisa ditebak. Kalau tidak SM ya Aspac.

Satu tahun berikutnya, ketika Kelly bergabung ke Garuda dari Kalila (Pelita Jaya Esia Jakarta), pendukung Garuda seperti mendapatkan harapan baru. Kelly adalah sosok yang atraktif. Permainannya indah dan Kelly adalah persona yang ramah di luar lapangan. Masuknya Kelly pun membawa kekuatan baru bagi Garuda. Aspac mulai mendapatkan kompetitor yang sepadan walau SM masih merupakan lawan yang agaknya cukup sulit dikalahkan.

Denny Sumargo hengkang dari SM untuk kemudian bergabung pula dengan Garuda. Setiap kali Garuda datang bertanding di rumah, GOR C-Tra Arena mulai menampakkan “kehidupan”. Aksi Kelly dan Denny benar-benar memukau. Puncaknya adalah ketika Garuda berhasil mengalahkan Aspac pada semi final IBL tahun 2008. Sesuatu yang sungguh tidak disangka-sangka. Dua kemenangan Garuda atas Aspac saat itu hanya terpaut dua poin yang diraih di detik-detik akhir berkat perjuangan Kelly dan Denny.

Di final yang menggunakan sistem the best of five, Garuda bertemu SM. Kemampuan Garuda mencuri satu kemenangan atas SM di game ke tiga memberi secercah harapan baru. Walau saat itu Garuda akhirnya tetap harus mengakui keunggulan SM 1-3. SM kembali juara IBL di tahun 2008.

Pada Turnamen IBL, sebuah ajang pemanasan sebelum memasuki tahun kompetisi 2009, Garuda mengalahkan SM di final dan keluar sebagai juara. Pecinta IBL seperti mendapat magnitude (daya tarik) baru untuk menyaksikan IBL. Garuda menjadi idola segar. Bukan hanya bagi warga Bandung, namun semua pecinta basket IBL yang sudah jengah dengan SM dan Aspac.

IBL, dan pecinta basket memberi apresiasi atas kemajuan Garuda dengan memprediksi Garuda akan menjuarai IBL 2009. Saat itu semuanya terlihat sangat-sangat mungkin dan menjanjikan. Kini yang ada adalah munculnya keraguan akankah Garuda mampu memenuhi harapan penggemarnya. Bukan hanya penggemar Garuda, namun juga penggemar IBL yang sekali lagi gw tegaskan sudah sangat jenuh melihat aksi SM lagi-SM lagi.

10 pemikiran pada “Garuda Flexi Bandung Salah Satu Kunci Jika IBL Ingin Maju!

  1. bnr bgt pa yg dktkan td…
    slm nh yg menang psti SM or ASPAC…
    tp pas ibl cup…smw’a brubah….
    dr dl gw sk garuda panasia…
    krn gw org jabar…
    gw smpt b’pling dr ibl dl, krn gw bosan….
    stlh ibl thn kmrn yg mnrt gw menarik bgt….
    dgn klwr’a garuda sbgai pmenang atas aspac…
    dn akhr’a di ibl cup, garuda jg jawara…
    gw nemuin 1 hrpn dr garuda biar ibl rame lg….
    tp stlh game kmrn, gw lyat garuda gda smgt bwt lwn aspac…
    entah knp itu….

    tapi gw msh berharap garuda bangkit lagi…
    n garuda bs jadi jawara ibl 2009

  2. asal garuda mainnya konsisten pasti bisa kok jadi juara….
    selama ini yang aku lihat garuda mainnya masi kurang solid…..ya moga2 aja garuda banyak belajar dari kekalahan kemaren2 ini……
    kalo pertarungan tidak hanya didominnasi oleh satu atau dua tim saja pasti akan membuat pertandingan semakin seru…ya khan….

  3. bukannya sok tau sih, menurutku, kalo garuda ingin menang:

    1. do more hustle: yang paling jelas kelihatan, kenapa setiap kali offensive free-throw tidak ada pemain yang melakukan rebound??

    2. disiplin: menurut analisaku, setiap kali pemain garuda melakukan screen, sering kali tidak berhasil, jadi set play yang dimainin pasti tidak jalan.

    3. slower tempo: untuk urusan skill, deny, mario, kelly, lolik, cokorda sebenernya udah oke, tapi soal stamina, payah banget (kecuali deny), jadi sebaiknya main pelan aja, jangan ngikut tempo cepat kayak SM, bisa mati di kuarter akhir, pelan saja, biar fastbreak dieksekusi oleh deny, indra, dan agus sigar.

    4. rotasi: karena fisik yang payah, seharusnya lebih berani melakukan rotasi, apalagi bench garuda, menurut saya, terbaik di IBL, punya hendrik (giant body), indra (firm defender), agus sigar (best tripo), teddy (tapi kemarin pas lawan SM, mainnya jelek banget!!)

  4. maaf maaf aja neeh,,,
    Sm lgi SM lagi…..???

    ya berarti SM memang yang paling hebat,,,,^^

    tapi ayoo;llah garuda more to hard lawan SM karena SM bukanlah,,, tim yang mudah dikalahkan,.,,,sngt tidak mudah,,,,
    dan pemian garuda jangan gampang emosi….
    jadinya yaa.. seperi kemaren2 ,,,,,

  5. Gw stuju bgt tuch am yg d’blang am c’basketmipa.. Gruda krang knsisten dlm pmainan n jrang bgt bsa rebound bola..
    Hrs.y si gruda bsa mnang lwan sm, faisal aj mengakui klo dri segi pemain gruda lbh dri sm. Tpi knp klah trz?
    B’arti ad yg slah d’team, ap itu?
    Yg psti gruda hrs bsa ngatasi pmasalahan itu klo mw jd juara ibl taun ini (sok tw gni gw)hha
    Cayoo garuda

  6. @basketmipa, setuju dengan lu sob. Ini memang PR buat semua tim IBL agar meningkatkan mutu permainannya. Gw sih nggak apa-apa juga kalau SM juara lagi. Yang gw sesalkan, SM seperti dua tingkat di atas tim-tim lain. Ia gak tersentuh. SM jelas gak bisa menurunkan kualitas permainannya. maka tugas tim lainlah menghajar SM.

  7. ehemm,,ehemm,,,
    ini blognya MAINBASKET yg UMUM tow blgo pribadinya GARUDA y???qo gw liat britanya ngga beribang yy???aga memihak gt…kl ngga salah IBL punya 10 tim khan??bukan GARUDA aja??perlu gw terangin..???
    SM BRITAMA
    ASPAC JAKARTA
    GARUDA BANDUNG
    BIMA SAKTI
    CLS
    BHINEKA
    PELITA JAYA
    CITRA STRIA
    MUBA HANGTUAH
    …………..
    sooo….kmnkah tim2 lain yg jg pernah mengukir sejarah&membawa indonesia k’dunia perbasketan internasional????
    pernah belajar jurnalistik kan??ttg brita berimbang???tolong y d’perbaiki…
    thx,,

  8. Halo Riefan, terima kasih atas kritiknya. Sejujurnya saya ingin sekali menulis dan mengangkat tim-tim IBL yang lain tapi ya yang namanya blog pribadi, saya hanya sendirian man. Jadi karena kebetulan Garuda lebih dekat dengan tempat tinggal saya ya jadi Garuda lebih banyak terekspos.

    Sebenarnya saya sangat terbuka untuk teman-teman yang ingin menulis tentang basket Indonesia. Sahabat saya Richard “Insane” mengirim tulisan dan saya muat. Aziz di Surabaya sering mengirimkan cerita seputar DBL dan saya sangat berterima kasih.

    Jadi kalau ada teman-teman yang mau menulis tentang apapun yang berkaitan tentang basket, saya sangat terbuka sekali.

    Terima kasih sekali lagi Riefan atas kritiknya. I really appreciate it bro!

  9. setuju ama artikel nya
    pertama : karena gw bobotoh garuda
    kedua : emang IBL amat sangat sangat males buat di tonton kalo yang menang udah ketaun sebelum tanding…so buat Garuda keep fighting bos…

Tinggalkan Balasan

