Scoring Board IBL Menyedihkan

Score Board

Beberapa waktu lalu saat kompetisi IBL Putaran 2 seri 4 dilaksanakan di Hall Basket Gelora Bung Karno Senayan (6-10/05) ada sesuatu yang cukup memprihatinkan mata gue sebagai penikmat dan pencinta olahraga bola basket tanah air. Apa itu??

Scoring Board!!

IBL, yang notabene merupakan liga bola basket profesional tertinggi di Indonesia saat ini ternyata masih belum terlihat dan dikatakan professional! Hal itu terlihat jelas dari scoring board yang terkesan asal dan kurang mendapat perhatian. Lakban bening yang menempel tidak karuan di mana-mana seakan berbicara, “Ah, buat sementara ini”.

Padahal kalo dipikir, hampir setiap moment yang terjadi dan dihasilkan pada setiap pertandingan bola basket, penonton selalu (secara sadar atau tidak sadar) antusias melihat ke papan skor yang terletak tidak jauh dari pintu masuk. Bayangkan mulai dari ingin mengetahui skor pertandingan, mau tahu jumlah foul yang dihasilkan pemain dan waktu yang tersisa pada setiap pertandingan. Itu semua memang hanya dapat kita lihat pada papan skor elektronik ukuran 2.4 x 1.2 m.

So, sudah seharusnya pihak panitia berpikir kalo score board itu bukan sebuah alat bantu atau pemanis saja tapi itu merupakan elemen penting dalam sebuah pertandingan.

Lihat saja sistem scoring board di PBL bahkan NBA! Memang jauh sih kalau kita membandingkan dengan liga di Indonesia yang saat ini sedang kesulitan dana. Tapi mau sampai kapan liga bola basket Indonesia seperti ini, C’MON INDONESIAN BASKETBALL! WAKE UP! Bedanyanya negara lain dengan kita adalah mereka benar-benar menciptakan citra bahwa scoring board adalah salah satu elemen penting sebuah kejuaraan bola basket yang bertaraf profesional.

Kalo memang anda berpikir saya cuma membual dan mencari-cari kesalahan pihak panitia. Ini saya coba lampirkan foto scoring board IBL yang saya abadikan pada saat menyaksikan tim favorit saya Garuda Flexi Bandung saat menang atas Citra Satria Jakarta, 80-54.

Salam Olahraga!

(Tulisan ini adalah kiriman dari salah seorang sobat gw yang sangat peduli dengan dunia basket Indonesia: B.R.A. (Ballers Respect Association), Bandung.)

Iklan

8 pemikiran pada “Scoring Board IBL Menyedihkan

  1. yeah jangankan scoring board, HALLnya (dan toilet untuk penonton dan pemain) juga perlu diperhatikan deh..musti renovasi sedikit kali yahh biar nggak jomplang kalo dibandingin sama SPORTSMALL.sayang aja IBL sering banget diadain di hall A tapi keadaannya sangat amat memprihatinkan GO BASKET INDONESIA GO..GO HALL A GO!!

  2. Betul.. toilet Hall A kotor banget.. masa airnya sampe luber kemana-mana.
    Udah saatnya nih Hall A di renovasi biar lebih layak dan ngga malu-maluin.. hehehe..

  3. iya, bener. Kl ntn di hall A senayan, selain udah panas banget, juga fasilitasnya kasian amat. Jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget kl dibandingkan dengan britama sportmal yang bersih, pake ac, banyak fasilitas, banyak tempat beli makanan. Pantesan pertandingan internasional selalu di sportmal ya, kyk FIBA atau sistercity…klk di senayan kan malu. Hehehe

  4. kmaren di Surabaya, salah satu score-boardnya GOR Kertajaya (CLS) rusak. angkanya mengacak sendiri di tengah pertangingan CLS vs Aspac. Akhirnya dimatikan dan memakai scoreboard sisi lain.

    Tahun kemaren, malah terjadi hal yang lebih konyol: Petugas meja LUPA MERESET SHOTCLOCK!

  5. gw setuju…hall basket senayan udh ga layak lah gelar pertandingan kelas IBL…kalo buat latian doank sih oke….udh kuno, gak kelas lagi…Basket is more than just a sport…it’s full of entertainment….jd fasilitas jg kudu diperhatiin…tmsk papan score board….pr nih buat petinggi basket di Indo…udah deh gelar even basket di Britama Arena aja…(deket rmh gw lagi..)

  6. Masalah scoreboard CLS vs Aspac, terulang lagi kemarin pas CLS vs SM… tapi kayaknya panitianya udah belajar deh. Gak jadi mati soalnya…
    Usul deh, gimana kalo score board-nya diganti LCD ajah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s