Kadang Gw Lupa

7731721a9575b2f459aa054ff15c6cdda78c88b6_m

Bahwa ujung dari sebuah keinginan, impian, atau cita-cita ada dua, yaitu berhasil atau gagal. Tertawa atau menangis. Menang atau kalah. Menyentuh langit atau terjerembap kembali ke bumi. Buku-buku seperti The Secret, 7 Habits for Highly Effective People, dan lain-lain mengajarkan gw bagaimana menggapai cita-cita dan harapan.

Jarang sekali yang membimbing gw untuk belajar menerima kejatuhan atau cara bangkit kembali. Padahal potensi kegagalan hampir sama besar dengan keberhasilan. Gw terlalu disemangati untuk meraih keberhasilan tapi tak pernah diajarkan menerima kegagalan. Gw pun baru menyadarinya beberapa hari ke belakang (setelah gw kembali terjatuh ketika tangan gw tinggal sejengkal lagi menyentuh langit.)

Gw bukan bermaksud mengendurkan optimisme. Kadar optimisme gw bukan lagi seperti hukum Pareto yang 80-20 tapi 50-1 (Inilah hukum Pareto baru gw). Tapi sekali lagi walau ia hanya 1, potensi itu tetap ada dan gw harus mempersiapkan diri untuk itu.

Gw pernah kalah dalam bertanding basket. Gw pernah gagal masuk universitas yang gw inginkan. Gw pernah gagal dalam bercinta. Gw pernah jatuh dari sepeda. Gw pernah patah tangan gara-gara main basket. Gw pernah hampir tenggelam di laut. Gw pernah tidak diterima kerja. Gw pernah gagal menepati janji. Gw pernah kalah saat main bola. Gw pernah terjerembap ke bumi. Terpelanting keras hingga kadang air mata membantu gw meringankan beban. Gw baru sadar bahwa semua peristiwa itu selalu mengingatkan gw untuk tidak lupa bahwa mata uang mempunyai dua sisi.

(Gambar dari sini)

5 pemikiran pada “Kadang Gw Lupa

  1. makasih yah buat pelajaran yang berharga ini.. ini mengajarkan gwe buat menerima kegagalan, tanpa perlu sakit hati terhadapnya..GREAT!!!!!
    i will remember man!!!

Tinggalkan Balasan

