The Black Swan, The Impact of the Highly Improbable

41whNBCgGjL._SS500_

Setelah membaca buku ini, gw berpendapat bahwa Michael Jordan adalah salah satu contoh kasus Black Swan.

Ini adalah salah satu buku yang kayaknya sedikit merubah cara pandang gw dalam melihat dunia. Awalnya gw membaca resensi buku ini di harian Kompas lalu kemudian tertarik untuk membeli dan membacanya.

Satu hal yang membuat gw tertawa adalah, dalam resensinya, Kompas mengatakan buku ini cukup ringan dan mudah dicerna. Kenyataannya, ini adalah salah satu buku yang paling bikin gw pusing. Gw baca dari awal sampai akhir dengan pemahaman yang hampir kosong. Hanya kelebatan-kelebatan makna yang mampu gw tangkap.

Black Swan adalah istilah yang digunakan Nassim (penulis) untuk menggambarkan sebuah peristiwa atau fenomena dengan ciri-ciri sebagai berikut;

1. Sangat jarang terjadi atau sebuah kejutan.
2. Kejadian tersebut memiliki efek yang kuat atau hebat.
3. Kejadian tersebut sulit diramalkan, namun setelah terjadi kita seolah dengan mudah menganalisa mengapa kejadian tersebut bisa terjadi.

Isi bukunya melulu tentang matematika (pelajaran yang gw tidak sukai saat SMA) dan pandangan filosofis para filosof dunia. Tidak banyak yang gw tangkap dari buku ini melainkan beberapa hal yang bahkan mungkin melenceng dari maksud yang ingin disampaikan; pertama, tidak ada yang pasti di dunia ini. Kedua, alih-alih mengeluh ketika menghadapi masalah, kita seharusnya bersyukur masih bisa hidup karena hidup adalah karunia terbesar. Ketiga, bersiaplah, karena kejutan bisa terjadi kapan saja dalam hidupmu dan kehidupan secara keseluruhan.

42209_550_atlmia

Jadi ingat Dwayne Wade, pemain Miami Heat, ia adalah salah seorang pemain yang oleh teman dan keluarganya dianggap sebagai pemain yang biasa-biasa saja. Namun Dwayne Wade ternyata seorang pemain luar biasa! Dwayne Wade adalah contoh kasus Black Swan (menurut gw..hahahaaa).

Bingung? Baca sendiri deh..

Tinggalkan Balasan

