Indonesia Jawara Basket Dunia? Realistis Laahhh!

58e6dae25f853e3dd6a991760d7ca62527da52a4_m

Dalam sebuah obrolan dengan seorang teman, ia berpendapat bahwa Indonesia tidak mungkin bisa “berbicara” di pentas internasional. Kendalanya hanya satu, postur tubuh! Lihat saja SM pada FIBA Asia Championship 2009 yang baru lalu.

Gw gak bisa menyalahkan teman gw itu karena apa yang dia pikirkan bukan hanya monopoli dia seorang. Barangkali hampir semua orang yang mengenal basket di tanah air akan berpikir serupa. Bahkan pemerintah sekalipun.

Hal ini membuat gw berpikir, benarkah hambatan yang bernama “postur tubuh” bisa menghalangi cita-cita basket Indonesia -yang dianggap mustahil oleh kebanyakan orang ini- tercapai? Bisa saja, walau tidak sepenuhnya benar.

Postur tubuh memang berperan penting, namun menurut imajinasi gw, ada tiga hal yang mampu mengalahkan postur tubuh. Jika kita punya itu, kendala postur tubuh menjadi tidak penting. Apa saja?

1. Stamina. Kita butuh para pemain yang memiliki stamina luar biasa hebat yang mampu bermain selama empat babak tanpa merasa kelelahan secara signifikan sehingga dapat merusak permainan dan konsentrasi.

2. Kecepatan. Jika kecepatan para pemain sangat tinggi dengan kelincahan bak pendekar kung-fu, pemain berpostur raksasa akan sangat mudah dikadalin.

3. Akurasi. Main basket adalah memasukan bola sebanyak-banyaknya ke dalam ring lawan dengan cara yang diperbolehkan. Akurasi memasukan bola sebanyak 100% barangkali terdengar utopis, tetapi di atas 90% bukanlah hal yang mustahil. Akurasi tidak hanya berlaku untuk mencetak angka, akurasi berlaku juga pada usaha mencuri bola, memberikan bola kepada rekan setim, menahan tembakan lawan, juga mengambil bola pantulan papan dan ring.

Terdengar berlebihan? Tentu saja. Dan terasa sangat ideal sehingga hampir tak mungkin.. Ah mungkin saja. Pokoknya, jika postur tubuh menjadi alasan yang membuat kita bertahan pada posisi medioker bahkan tingkat bawah, gw rasa tiga resep di atas sangatlah ampuh.

Talk is cheap! Of course it’s cheap, that’s why you need to go to the playground and practice!

Iklan

5 pemikiran pada “Indonesia Jawara Basket Dunia? Realistis Laahhh!

  1. hmmmm ke internasional ya?
    mungkin aja lagi!!!
    ada yg masih harus ditambahkan yaitu, semangat,motivasi.

    basket indonesia bisa bersuara di internasional, kita tunggu saja

  2. mungkin postur pemain indonesia di ajang fiba kmrn kurang dibandingkan pemain yordania atau iran gitu.
    Tp waktu tanding lawan pemain filipine, ada kurang lebih 3 pemain filipine yang postur tubuhnya setinggi Agung Sunarko (kyk Agung udah yg paling mungil di SM deh)…antara lain jersey no.4, jersey no.6 dan jersey no.8….(ga hafal nama2nya, kecuali no.8 Christopher yang banyak dielu2kan penonton krn cute banget).
    Pemain filipine tsb untuk postur memang kecil, tp jangan ditanya soal kelincahan mereka dan akurasi tembakan mereka…jago!!!!!!!!!!

  3. Ky nya pemain basket Indonesia kudu blajar segala hal, baik : mental ato pun yg laen ma pemain NBA : NATE ROBINSON (gw suka lompatannya) & MUGSY BOGUES (udh pension deh).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s