Aksi Kecil yang Akan Merubah Hidup Kalian!

0c25e86ed545eff42c33e2dbd23ee52c29ca2d93_m

Ada sebuah kejadian kecil lucu yang terjadi dalam hidup gw beberapa hari belakangan ini. Begini ceritanya, gw memiliki sebuah kebiasaan selalu menyikat gigi sehabis makan. Sikat gigi dan odol yang biasa gw pakai gw letakan di sebuah pengait yang ada di dalam sebuah lemari kecil di dalam kamar mandi.

Setiap tiga kali sehari gw akan masuk kamar mandi, membuka lemari kecil, mengambil sikat gigi dan odol, lalu menyikat gigi. Setelah selesai, sikat giginya gw bilas dan bersihkan, lemari kecil gw buka, sikat gigi gw simpan di pengaitnya, lemari gw tutup kembali, dan beres.

Kejadian serunya terjadi beberapa hari terakhir. Pengait tempat meletakan sikat gigi di dalam lemari kecil itu patah dan memaksa gw untuk menyimpan sikat gigi di atas lemari kecil itu dan bukan lagi di dalamnya. Sejak itu, gw sudah tidak bisa lagi menyimpan sikat gigi dan odol di dalam lemari kecil tersebut.

Anehnya, setiap kali gw akan menyikat gigi, gw akan selalu membuka lemari kecil tersebut sebelum akhirnya tersadar bahwa sikat gigi dan odol ada di atasnya, bukan di dalam lemari! Ini juga terjadi saat gw selesai menyikat gigi. Gw selalu membuka lemari kecil itu dan menemukan bahwa gw harus menutupnya kembali lalu menyimpan sikat gigi di tempat barunya, di atas lemari!

Aneh! Kenapa gw selalu mengulang aksi yang sama yang jelas-jelas keliru dan gw tahu itu keliru?!!

Begini penjelasannya..

Gw lalu menemukan sebuah artikel dari salah satu artikel di internet yang mengatakan bahwa jika kita terbiasa melakukan sesuatu secara berulang-ulang/rutin dan kita melakukannya dengan sadar, maka otak akan menyimpan kegiatan tersebut sebagai memori gerak otomatis! Awalnya kita akan memikirkan setiap urutan langkahnya, namun lama kelamaan kita akan terbiasa dan otak memberikan “mode: otomatis!” untuk kegiatan rutin tersebut. Kita tidak perlu berpikir lagi ketika akan melakukannya lagi.

Contoh kasus lainnya adalah ketika kita mengendarai sepeda motor. Otak kita sudah memrogram semua gerak-gerak otomatis dalam mengendarai sepeda motor. Kapan kita menancap gas, memindahkan perseneling, merem, hingga berhenti. Semuanya sudah ada dalam “mode: otomatis!“.

Kuncinya adalah “melakukan sesuatu berulang-ulang”. Untuk memiliki sebuah kebiasaan (yang baik) kita bisa melatih otak kita agar menjadikan kebiasaan tersebut menjadi sesuatu yang “otomatis” di dalam otak kita. Kita bisa melatihnya!

Caranya? Pertama, tentukan dulu kebiasaan baik apa yang ingin kalian miliki. Sebagai permulaan, tidak perlu yang sulit-sulit. Misalkan, bangun pagi jam 05:30, atau olah raga singkat 15 menit setiap jam tertentu, atau sarapan pagi jam 07:00, atau membaca buku 10 menit perhari sebelum tidur, atau apa saja.

Setelah menentukan kegiatan apa yang ingin kalian jadikan kebiasaan, mulailah melakukan kegiatan tersebut secara rutin selama 21 hari! Yak 21 hari. Lakukan tanpa terputus! Jika terputus, ulangi lagi dengan menghitung ulang kembali bilangan hari kembali ke awal. (Kenapa 21 hari? Tidak dijelaskan penjelasan ilmiahnya)

Menarik banget buat gw, karena gw mulai belajar menerapkannya dengan menumbuhkan beberapa kebiasaan dalam hidup gw. Hasilnya? Silahkan kalian coba sendiri-sendiri deh..

Good luck! Especially me..hahahaaa :)

Satu pemikiran pada “Aksi Kecil yang Akan Merubah Hidup Kalian!

Tinggalkan Balasan

