British Basketball League, Rekan Senasib Indonesian Basketball League?

bbllogo

“British Basketball League (BBL) adalah liga olah raga yang paling tidak diperhatikan di Eropa.” demikian tulis Ryan Jones di majalah Slam mengenai liga basket profesional di negaranya Ratu Elizabeth ini. Pamor main basket kalah jauh dengan sepak bola yang seolah menjadi agama bagi Inggris.

BBL diikuti oleh 12 tim yang masing-masing pernah merasakan gelar juara selama 20 tahun lebih penyelenggaraan BBL. Seperti halnya IBL, BBL menjalankan dua buah kompetisi, yaitu kompetisi reguler (BBL Cup) dan kompetisi tambahan (BBL Trophy). Bedanya, BBL juga selalu mengadakan semacam pra-kompetisi di setiap musimnya (Cup Winners’ Cup).

Perjuangan BBL agar dikenal oleh warga Inggris ibarat David melawan Goliath. Bedanya, sang Goliath belum menunjukan tanda-tanda kemenangan. Hal ini tentu saja bukan hal yang mudah, karena dominasi sepak bola bagi warga Inggris sedang pada posisi yang sangat tinggi.

00000268-photo

Namun usaha BBL agar dikenal (catat: dikenal! karena banyak warga Inggris yang tidak tahu bahwa liga ini ada) patut dicontoh. Menghadapi ajang Olimpiade Inggris 2012, BBL memperbolehkan setiap tim menggunakan pemain asing (Non UE) sebanyak dua orang agar kualitas permainan BBL meningkat.

Kita (Penonton IBL) masih boleh sedikit berbangga, karena kabarnya, pembawa acara atau MC BBL terkadang masih harus menjelaskan kepada penonton BBL apa itu free throw, 24 shot clock, dll.

So, IBL jangan mau kalah sama BBL!

Iklan

2 pemikiran pada “British Basketball League, Rekan Senasib Indonesian Basketball League?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s