Main (Pakai) Hati

lolik-heart1

For the love of the game.” Begitu bunyi kutipan favorit teman Gw, Richard “Insane”. Agak sulit diterjemahkan pakai Bahasa Indonesia yang membuatnya terasa bermakna sama saat disampaikan dengan bahasa Inggris. “Main pakai hati.”, mungkin berbeda makna dengan kalimat kutipan dari Insane di atas, namun begitulah seharusnya seorang pemain basket harus bermain.

Dalam dunia musik, terasa sekali mana grup musik atau penyanyi solo yang berkarya sepenuh hati tanpa berpikir apakah musik dan liriknya akan disukai oleh pemirsanya atau tidak. Indonesia ada Iwan Fals, musisi ini berkarya dengan hatinya. Ketika lagunya dilarang oleh pemerintah, Iwan tidak bergeming, dan justru karyanya semakin digemari.

Pramoedya A. Toer atau Romo Mangun di dunia sastra. Karya yang dibuat dengan hati bisa sangat menular kepada apresiatornya. Membaca karya Pramoedya atau Romo Mangun tak jarang mampu membuat bulu kuduk merinding karena berbagai perasaan. Haru, bahagia, dan sensasi lainnya.

Ada yang menyaksikan perempat final sepak bola liga Champions Eropa putaran ke 2 antara Chelsea melawan Liverpool yang berakhir imbang 4-4 dua hari lalu? Well, Chelsea bermain pakai hati. Tau dari mana? Terasa saja. It’s contagious.

Michael Jordan memberi petuah “Siapapun dirimu di luar lapangan dan sebanyak apapun penghasilanmu, bermainlah karena kamu mencintai permainan ini.”

Percaya atau tidak, penonton bisa merasakan siapa saja pemain yang “niat” dan yang setengah hati dalam bermain. Jadi guys, bermainlah pakai hati. Pemain IBL, mainlah pakai hati. Hal ini akan memuaskan fans. Hati membuat kita kuat melewati masa sulit seperti yang tengah dihadapi IBL saat ini.

Play with your heart, if you can’t, just go away!”

(Foto Lolik oleh Ino Afiar)

3 pemikiran pada “Main (Pakai) Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s