Belajar Main Basket dari: Jakarta International Java Jazz Festival 2009 (1/5)

n549213668_2255764_7870180

n549213668_2255768_2614016

Tiga hari Gw nonton Jakarta Java Jazz 2009, tiga hari itu pula Gw menduga dan bertanya, berapa persenkah dari ribuan penonton yang datang ini yang benar-benar menyukai musik jazz? Dugaan Gw nggak lebih dari 5%. Jika yang datang adalah para musisi, berapa persenkah yang benar-benar musisi jazz? Dugaan Gw nggak lebih dari 1%.

Saat menyaksikan penampilan Brian McKnight di hari ketiga, salah seorang penonton di sebelah Gw bertanya “Sori mas, Brian McKnight itu lagunya yang mana ya?” Apa??? Dalam hati Gw langsung tersentak. Kalau lu nggak tahu siapa Brian McKnight dan yang mana lagunya, ngapain lu datang nonton??!!!

Pernah terpikir nggak, berapa persen konsumen IBL atau acara-acara basket kita yang benar-benar menyukai basket atau bermain basket atau apalagi pemain basket? Gw rasa komposisi maksimalnya nggak lebih dari 50%.

Kebayang kan? Para penonton Java Jazz nggak semuanya tahu apalagi mengerti jazz. Peter F. Gonta sadar banget akan hal ini. Oleh karenanya dia selalu menyelipkan beberapa musisi yang bukan dari genre jazz untuk ikutan tampil. Tahun ini ada Jason Mraz yang musiknya gado-gado dan Brian McKnight yang pop dan R&B. Dari ranah lokal ada Slank yang sangat nge-rock!

Musisi-musisi non jazz itu menarik banyak penonton. Setelah mereka keluar dari konser Jason Mraz, Brian, atau Slank, mereka kemudian mencoba menikmati musik yang beneran jazz,

“hmm..ternyata Soil n Pimp enak juga ya.”

“Laura Fygi sensual banget ya.”

“Wow, Glenn ternyata bisa nge-jazz ya.”

“Tahun depan gw nonton Java Jazz lagi ah.”

Bandingkan dengan hiburan IBL yang non basket; lempar-melempar merchandise kaos murahan, cheerleader nanggung, hmm apa lagi ya?

Tinggalkan Balasan

