Hanya Terjadi di Pop Mie Basketball (Catatan Untuk Perbasi: Aneh dan Tidak Sportif!)

popmie

Pertanyaan Gw hanya satu, aturan macam apa inniii???

Pada Official Guide Book of Pop Mie Basketball 2009 halaman 13 tertulis bahwa, “ Peserta Pop Mie Basketball adalah:
a. Team Basket (ada tiga poin (i-iii) tidak Gw masukin di sini)
b. Team Talent
i. Terdiri dari minimal 6 orang
ii. Putri/putra
c. Team Supporter
i. Terdiri dari minimal 50 orang supporter dari sekolah yang bersangkutan”

Lalu pada halaman 12 bagian Peraturan Umum (..yang aneh) poin ke 6 tertulis,

“Bila salah satu Team Pendamping (Team Talent/Team Supporter) tidak hadir, maka team basket akan dikenakan sanksi berupa:
a. Pengurangan nilai sebesar 10 point dan team lawan langsung mendapatkan nilai sebesar 10 point (point awal 10-0)

Apa-apaan ini? Terus terang, Gw malu bacanya. Ini hanya terjadi di Indonesia doang! Di seluruh dunia tidak ada, bahkan mungkin tidak pernah terlintas di benak siapapun! Apa maksudnya? Takut sepi penonton? Takut nggak ada yang lihat iklan sponsor? Semuanya dilakukan dan mengorbankan hal yang paling utama, sportifitas!

Apa hubungannya suporter dengan permainan????? Jika Angsapura Evalube Medan main melawan Garuda Flexi Bandung di Bandung dan pendukung Angsapura tidak sampai 50 orang apakah skor langsung tertulis 10-0 untuk Garuda? Gw mengerti IBL memang bukanlah Pop Mie Basketball.

Memang banyak aturan di NBA atau FIBA yang berubah setiap tahun, tapi bukanlah sesuatu yang sangat mendasar. Ada kreatifitas dalam main basket, misalnya streetball dengan gaya dribel yang ekstrim sehingga poin bisa berubah berdasarkan gaya hasil penilaian juri, namun awal permainan selalu dimulai dengan skor 0-0. Crushbone juga begitu, walau agak kasar dan keras serta sistem raihan angka yang tidak lazim, skor awal juga tetap 0-0. Ada juga 3 on 3 yang hanya merubah jumlah pemain dan luas lapangan.

Seharusnya Perbasi mengerti (ada logo Perbasi di sampul buku) bahwa ini adalah main basket! Skor awal adalah imbang 0-0. Anak SD juga tahu. Menurut Gw, ini adalah hal yang berbahaya. Merusak mental! Menghancurkan sportifitas!

Sekali lagi, Perbasi memang kreatif. Pertama, karena membuat jadwal bentrok antara Pop Mie Basketball dan DBL di Bandung (padahal kalau saja berbeda, kegiatan kompetisi semakin semarak dan berguna bagi anak muda Indonesia!). Kedua tentang aturan pertandingan dimulai dengan skor 10-0 sebagai sanksi hal yang tidak penting!

37 pemikiran pada “Hanya Terjadi di Pop Mie Basketball (Catatan Untuk Perbasi: Aneh dan Tidak Sportif!)

  1. niy mirip kompetisi sepakbola juga dji…Ada kompetisi sma yang kyk gini…
    Tujuannya klo menurut gue ada plus minus nya…
    klo minusnya,klo dl yang gue nntn wkt nonton bola itu,mereka buat nambhin uang tiket masuk…
    Tp plusnya kompaknya satu sekolah bisa keliatan dr supporternya itu…

  2. justru perbasi tau mana kompetisi yg paling kreatif jd walaupun bentrok, pasti pilihan perbasi (krn ada logo perbasi di buku panduan) lebih unggul.ha3x.mas namanya jg event dan ada sponsornya,kl saya jadi sponsor jg saya pasti mensyaratkan peserta diwajibkan membawa foto saya.tp kl mas bilang ama saya fotonya mas harus dibawa,ya saya mengharuskan jg.bahkan kl ga bw ft mas saya dis timnya.gmn mas kt bikin yuk event basket?

  3. Saya rasa bukan itu masalah utamanya mas Jrey. Saya setuju sekali dengan kewajiban pelaksana dalam memenuhi kewajiban sponsor. Tapi analogi anda kok rasanya kurang nyambung. Agak terlalu jauh. Saya menyoroti soal sanksi yang menurut saya sangat aneh. Tentang skor awal 10-0 (?). Ini nggak lucu menurut saya. Kalau mau memberi sanksi, sebaiknya yang tidak merusak permainan basket itu sendiri. Saya rasa Pop Mie Basketball bisa mikirin sanksi yang lebih kena dan masuk akal. Sanksi dalam guide book itu tidak masuk akal menurut saya :)

  4. Skor awal yang dimulai dari 10-0 menurut saya adalah hal yang lucu sekali. Di sepak bola kalo tim melanggar aturan yang dipotong adalah poin klasemennya bukannya skor. Seharusnya penyelenggara bisa berpikir lebih logis dalam membuat aturan. Bagaimana kalo sekolah yang main dari luar kota/ luar pulau? Apakah mereka mampu membiayai akomodasi 50 orang supporternya?

    Aneeeh!

  5. setuju!! kapan basket Indonesia mau berubah??!! bangun dong Perbasi, jgn molor mulu, ntar ketularan PSSI lho, yg keputusannya selalu aneh2.
    Kalo menurutku sih, jumlah suporter seharusnya dibatasi jumlah maksimalnya, bukan minimalnya! Mau seru kok maksa!

  6. Saya kira yang aneh-aneh pada awalnya, bisa jadi biasa nanti, yang penting sportifitas tetap dijunjung tinggi. Gitu Aja Kok Repot…

  7. Nah loh… ada ya aturan yang kayak gini??? gua setuju ama mas pandji neh, gak logis lah kalo skor dimain mainin kayak gini.., apalagi yang hal ini dikarenakan suatu hal yang tidak berhubungan secara langsung dengan permainan BASKET nya…
    kayaknya culun banget ya???

    1. wkwkwkwk
      memang aneh peraturannya tapi jangan salah kan PERBASI
      karena event2 ini bukan PERBASI yg menyelenggarakan…melainkan masing2 pihak/EO yg langsung di tunjuk oleh sponsor seperti POPMIE oleh MAHAKA SPORT
      dan DBL oleh DBL Indonesia…
      jadi bagi yg ga tau apa2 jangan nyalahin PERBASI
      PERBASI hanya menerima surat tugas yang diajukan untuk mengirim wasit guna memimpin pertandingan tok…

  8. Klo film punya judul REALITA,CINTA & ROCKnROLL…..

    Klo Basket Indo punya judul……REALITA,UANG & SPORTIFITAS….

    Perbasi bakal nge-top ne,,,

    tapi untungnya ne kompetisi belum trdngar sampe kluar sono,,,klo smpe kdenger,,bisa MALU dunia perbasketan Indonesia,,yang sedikit rusak dikarenakan hal yang sepele menurut kita agak penting….

    gmana ?

  9. makanya jangan komen aja saksikan Pop Mie Basketball 2009

    Ga ada kok tim yg langsung leading 10-0

    Panitia juga masih kasih toleransi, ditunggu ampe halftime, kl aturan main tidak dipenuhi sanksi ditegakan

    Aturan itu dibuat juga sportif, knp, team yg ada supporternya, kita hargai, nah team yg tidak bawa supporter, ya kl pinjem istilah teman2 sekalian, ya sportifnya (adilnya) dikenai sanksi, coz aturan main hrs ditegakan, dan saya rasa basket mau maju ya kl ada supportnya.

    contohnya kenapa kl baskte nba bs maju, krn mereka didukung supporter juga, pendapatan tiket masuk, pembelian baju, celana, pernak-pernik.

    kl ga ada support (penonton dan sponsor) ga hidup juga kan

    justru kl aturannya tidak ditegakan olahraga kita kagak maju2, dalam hal ini aturan yang dibuat oleh pihak panitia

    masalah logis atau tidak, kembali ke nalar masing2 aja.

    ada kompetisi yang kelas 3 sma ga boleh main, padahal itu kompetsi buat anak2 sma, ga logis juga kan, kl mau main2 aja, selama statusnya sma dan secara umur memang dia umur sma, kl umurnya boong ya ga boleh

    hahahahaha

  10. Heheheee,..seneng gw masalah ini jd obrolan hangat.

    Gw setuju dengan alasan Jrey bahwa kompetisi harus didukung oleh suporter tim yang banyak, karena memang dari situlah seharusnya sebuah kompetisi (yang nantinya jadi industri) bisa berjalan. Yang aneh, Jrey tidak menyinggung “dari mana datangnya sanksi aneh itu?”. Karena kalau sanksi itu ada, itu bukan basket menurut gw. Argumen-argumen Jrey yang lain gw rasa sangat dipahami oleh kita semua (paham bgt!). Tapi skor awal 10-0??? bukan main basket yang sportif itu namanya. (gw rasa Jrey jg paham).
    Gw tidak mendukung DBL atau Pop Mie. DBL pun banyak kekurangannya begitu juga Pop Mie. Keduanya juga mengenakan sanksi2 jika ada syarat yang tidak dipenuhi. Hanya saja, sanksi yg ada pada Guide Book Pop Mie itu bukan hanya aneh, tapi juga merusak permainan basket itu sendiri.

  11. Gw sih berharap, walau agak pesimis, ada orang yang sangat paham main basket (kalau bisa sih Perbasi) yang berani mengkonfirmasi dan membenarkan sanksi aneh itu sesuai dengan aturan permainan basket. Bukan penyelenggaraan event basketnya.

    Sekali lagi, bukan event atau kejuaraan basketnya secara keseluruhan tapi permainan basketnya (mudah-mudahan kelihatan bedanya).

  12. Jrey mengatakan bahwa “Ga ada kok tim yg langsung leading 10-0”, lalu kenapa aturan itu harus tertera?

    Sampai saat ini, gw belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

    Bu Noviantika ada masukan?

  13. Kayaknya perbasi gk ikut2an deh soal aturan….

    mereka cmn membantu menyediakan wasit sbg perangkat pertandingan……

    klo masalah aturan mah tanya aja ma pop mie sendiri……..

    1. kalo Perbasi tidak ikutan dengan aturan, trus apa fungsinya PERBASI. jangan-jangan PERBASI menjadi Persatuan Basa-Basi Seluruh Indonesia. seharusnya Perbasi juga ikut mengawasi. kompetisi bisa bergulir asal aturan esensial dari permainan bola basket tidak hilang. tidak bermaksud membandingkan dengan kompetisi sejenis, saya mencontohkan DBL. kompetisi cukup bagus. namun sayangnya waktunya kotor. bahkan time out pun dikejar2 sama waktu..saya berharap PERBASI mau mengevaluasi kompetisi-kompetisi pelajar saat ini dengan tidak menghilangkan esensi permainan bola basket.

  14. wow . . .
    bener2 ada ya aturan kayak gini?!
    ajaib luar biasa . . .

    korbankan sportivitas demi kepuasan sponsor . . .

    -_-”

    edan eui . . .

  15. Hanya Terjadi di Pop Mie Basketball (Catatan Untuk Perbasi: Aneh dan Tidak Sportif!)

    judul yang sangat menarik,lagi2 tdk perlu byk komentar yah..
    kasih masukan sj buat kedua kompetisi ini,jgn menjelek2kan krn kedua jg untuk basket indonesia….

    ..viva basket Indonesia..

  16. hahaha.. gw baru baca nih..

    makassar juga ngalamin ini.
    waktu itu gw ada pertandingan di tempat lain,
    dan abis pertandingan gw harus dateng untuk dukung tim cwo skolah gw.
    dan itu udah cukup malem
    sedangkan besoknya gw masih ada pertandingan!

    emang agak “beda” sih peraturannya.
    gw harap untuk selanjutnya
    pihak” yg bersangkutan bisa balikin lagi ke peraturan biasa

    maju terus basket indonesia!!

  17. kenapa repot2 mengkritik Popmie Basketball? Udah jelas2 namanya Popmie…suka2 dia dong mau bikin perarturan. Sama kayak streeball…menurut orang basket yg biasa ga lazim basket kayak gitu tapi menurut streetball itu seninya… Yah telen aja Insane.. itu seninya monopoli ekonomi.., sama seperti…kepemilikan klub..masa di IBL satu orang bisa punya 4 klub? *hanya terjadi di indonesia jg kan* hehehehe *peace and GOD BLESS Basket Indonesia*

  18. rameee yaaaaa….. gw setuju tuhhh ama om nimrod…. sama halnya ama streetball… streetball dianggap anehh ama semua pebasket… masa ada point breakernya… yaa tapi itu seninyaa…. mungkin klarifikasi aj kalii yaaa… gw salah satu sekolah yg ikut popmie basket… aturan itu ada setelah ada kesepakatan awal diantara para tim yang ikut di pop mie basketball… karna ini sistemnya sekolahnya dipilih alias tidak mendaftar… dan kesepakatan itu ditanyakan terlebih dahulu kepada sekolah yang dipilih oleh tim pop mie basket… kalo awalnya dia udah sanggup untuk mendatangkan supporter 50 ya lo harus konsekuen donk dengan kesepakatan awal… tohh aturan ini khan sudah disepakati bersama dan bukan paksaan… kasepakatan awalnya sebelum lo terdaftar di event itu adalah lo bersedia gaa bawa supporter 50 orang…?? klo cuman 50 doank mahh gampang menurut gw… tohh tim gw dapet kaos tanding…. yaaa imbalan yang menurut gw setimpall dengan apa yg mreka keluarkan… dann gw selaku tim sekolah merasa berterimakasih ama pop mie basket… gara2 mreka sekolah gw jadi ikut memperhatikan basket disekolah gw… sayang taun depan gw gabisa ikutan lagii… ada pop mie basket untuk mahasiiswa ga yaaa…?? bikinn donkkkkkk….!!!!!! hehehehehehe…..

  19. memang benar peraturan ini kurang tepat. Karena akan mengurangi rasa sebuah tim juara.
    salah satu kasusnya ketika tim yang menang dengan selisih angka yang sedikit dan terbantu oleh penambahan angka sepuluh karena lawannya tidak membawa suporter yang cukup.
    Padahal kalau tidak ada penambahan angka sebanyak 10 tim lawan yang menang.
    kalau hal seperti ini terjadi saya yakin penyelenggaraan berikutnya akan sulit mendapatkan peserta yang berkualitas.

  20. gw setuju sama lu bro, kemaren tim sekolah gw di seri bandung kena sama peraturan 50 orang itu! well ceritanya begini :
    sebenernya tim lawan juga sedikit supporternya tapi berhubung di belakang bench lawan ada supporter bekas tim yang maen sebelomnya jadi supporternya “KELIHATAN” banyak dan di saat bagian menghitung supporter tim gw , sang MC bilang “TOLONG SPORTIF, yang bukan supporternya silakan keluar” dia juga bilang “Kita udah modalin baju, dll”. ALHASIL anak2 sekolah gw kena mentalnya.

  21. please make indonesia more smart & creative, tapi jangan buat anak2 indonesia yang merupakan bibit atlet masa depan jadi bingung dengan buat aturan yang hanya mengedepankan duit semata…. kok rasanya kayak anggota dewan & pemerintahan aja yang cuma mentingin korupsi daripada rakyatnya…

    ayo maju terus basket indonesia….
    peraturan aneh kok di buat yah, apa nggak malu nanti anak sma cari referensi di buku FIBA kok nggak ada peraturan kayakgini yah….. wek

  22. Aduh masnya salah terima nih, maksud peraturan disini tu hanya untuk tim tuan rumah aja, kalo tim yg dari luar daerah ga diwajibkan. Tujuan nya ya supaya pertandingan diramaikan oleh suporter tim tuan rumah.

  23. cukup aneh emang peraturan ini (kaget + ketawa bacanya)…tp bener jg setiap sekolah yg daftar pasti udah setuju sebelumnya sm peraturan ini..dan sekolah yg bersangkutan jelas tdk keberatan sm peraturan aneh ini (karena mereka tetep ikut berpartisipasi)

    menurut gw udah jelas ini peraturan yg dibuat demi kepentingan sponsor..supaya event mereka terlihat rame! dan sayangnya terlalu maksa dan merusak permainan basket itu sendiri…mungkin yg jd pertanyaan gw: ko rules kaya gini bs ditolerir sm Perbasi??? (iya ga Ndji?)

    klo ada yg nyamain sm game freestyle yg ada poinbreaker…jelas beda man…poinbreaker itu jg aturan yg cukup aneh (dan mungkin jg cm ada di indonesia aja) tp poin itu didapatkan dengan “usaha” yg ga mudah dengan mengeluarkan trik/style yg ga semua pemain basket bisa! dan msh ada hubungannya or msh dalam game basket itu sendiri…bukan poin yg didapat tiba2, yg ga ada hubungannya sm game/pertandingan basket itu sendiri!

    -Damai-

  24. Yang terpenting segala permainannya apapun aturan tambahannya….ACTION BY THE RULE….DOING BY THE RULE,,…….beres maju terus basket indonesia dengan segala inovasinya …..BRAVO BOLA BASKET INDONESIA

Tinggalkan Balasan

