Belajar Main Basket dari: Hanamichi Sakuragi

hanamichi_sakuragi_of_shohoku_by_dutdrew1

Sakuragi who? Hanamichi Sakuragi adalah tokoh fiksi protagonis dalam serial komik manga “Slam Dunk” karya Takehiko Inoue. Komik ini bercerita seputar dunia main basket anak SMA di Jepang. Komiknya laris manis bak gorengan. 100 juta lebih komik terjual hanya di Jepang saja. Tahun 1997 menjadi komik terbaik di Jepang.

Sakuragi awalnya adalah seorang pemain dengan skill biasa saja dan emosi yang sangat meluap-luap. Di awal pertandingan-pertandingan resminya tiada satu pun pertandingan yang dilewati tanpa fouled out! Seiring barjalannya seri pertandingan, skill bermain basket dan emosi Sakuragi pun mulai membaik. Sakuragi mulai memperbaiki kelemahan-kelemahan mendasarnya dalam main basket. Lewat bimbingan Akagi, Sakuragi pelan-pelan menjadi seorang rebounder yang menakutkan. Mengingatkan kita pada Dennis Rodman. Coach Anzai juga melatih keahlian menembak Sakuragi dengan memaksanya berlatih menembak sebanyak 20.000 kali tembakan per minggu!

Sakuragi adalah sosok yang pantang menyerah, baik di dalam maupun di luar lapangan. Cintanya pada Haruko dan persaingannya dengan Rukawa membawanya semakin serius dalam mendalami dan semakin mencintai dunia basket. Bagi yang ingin mengenal Hanamichi Sakuragi lebih jauh, silahkan baca komik yang membuat anak-anak Jepang keranjingan untuk main basket, Slam Dunk. Great comic/manga!

Yang menarik sebenarnya, bagaimana orang Jepang menumbuhkan semangat dan kecintaan atas sesuatu yang bukan berasal dari kebudayaannya sendiri namun bernilai sangat baik bagi masyarakat, anak muda bahkan bangsanya. Ingat kapten Tsubasa? Seorang tokoh sepak bola rekaan yang komiknya lahir di tahun 1981. 20 tahun kemudian, pelan namun pasti Jepang menjadi negara yang disegani di kancah sepak bola dunia. Padahal dulu nggak ada apa-apanya. Bukan nggak mungkin Hanamichi Sakuragi pun akan membawa pengaruh yang sama bagi Jepang dalam hal main basket!

sakuragi1

Sakuragi pas gondrong

sakuragi21

Sakuragi pas cepak

13 pemikiran pada “Belajar Main Basket dari: Hanamichi Sakuragi

  1. emmm hanamichi sakuragi klo d samain ma pemain indonesianya syapa yah…????

    a. denny sumargo

    b. mario wuysang

    c. welly situmorang

    d. syapa donk

    wkwkwkwk

  2. Semangat Sakuragi itu patut ditiru. Walaupun skill nya kurang tapi dia itu tekun sekali. Dengan latihan yang intense dan terus menerus, dia terus memperbaiki dirinya.

    Karakter Sakuragi sendiri cukup membantu saya ketika bermain basket terutama di SMU dan awal kuliah. Dia bisa berlari kesana kemari tanpa lelah, itu membuat saya untuk bermain lebih ngotot dan greget. Alhasil saya setia mengejar bola kemana saja ketika defense dan sering mendapati luka di sekujur tubuh karena jatuh bangun di lapangan.

    Ayo, terus bermain basket!

  3. semua org dapat berubah jadi lebih baik jika di beri kesempatan untuk membuktikannya seperti sakuragi yang awalnya cuma seorang murid nakal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s