Holcombe Rucker Playground, Pusat Streetball Dunia

ruckerpark21

Jikalau kalian banyak duit atau beruntung bisa ke New York dan senang main basket, kandang New York Knicks , Madison Square Garden, bukanlah satu-satunya tempat menarik untuk dikunjungi. Ada satu tempat keren lain yang sangat-sangat patut dipelesiri. Holcombe Rucker Park.

Holcombe Rucker Playground adalah sebuah lapangan basket luar ruang di New York yang terletak di sebelah utara 55th Street dan berseberangan dengan Frederick Douglass Boulevard dan Harlem River Drive di Harlem. Kalau naik kereta, kita bisa ke sana naik kereta jurusan B atau D, turun di lokasi bekas Polo Ground. Masih bingung? Bertanyalah!

Masih nggak akrab dengan Holcombe Rucker Park? Mungkin kalian lebih tahu dengan nama Rucker Park atau The Rucker. Rucker Park selama lebih dari empat dekade menjadi tempat bertemunya para pemain profesional NBA dan para pemain basket jalanan. Baik untuk main-main basket biasa hingga kompetisi yang sangat ketat.

Siapa saja pemain top NBA yang pernah bertualang di The Rucker? Legenda-legenda seperti Wilt Chamberlain, Kareem Abdul-Jabbar, Nate Archibald, hingga Stephon Marbury dan Kobe Bryant. Rucker Park juga menjadi tempat di mana beberapa pemain yang diakui sangat jago namun menolak untuk bermain di liga profesional. Mereka menjadi legenda streetball. Misalnya Richard “Pee Wee” Kirkland, dan Joe “The Destroyer” Hammond.

Satu hal yang lebih menarik bagi saya tentang Rucker Park adalah penamaannya yang diambil dari nama seseorang yang bernama sama, Holcombe Rucker. Ia adalah seorang pecinta basket jalanan sejati. Pada tahun 1947 ia memulai sebuah turnamen basket di Harlem dengan nama Rucker League. Moto dari turnamen ini adalah “Each One, Teach One”. Moto ini menekankan penggabungan antara olahraga, kesenangan, dan pendidikan. Para peserta ditekankan untuk menjadi seseorang yang rajin membaca buku, menyelesaikan PR dari sekolah, dan meningkatkan prestasi pendidikan sekolah mereka. Selama beberapa kali penyelenggaraan Rucker League, Holcombe Rucker membantu setidaknya 700 orang anak mendapatkan beasiswa pendidikan.

Atas jasa dan dedikasinya, pada tahun 1974, walikota New York mengganti nama lapangan yang sebelumnya bernama P.S. 156 Playground menjadi Holcombe Rucker Playground. Bagi para streetballers, lapangan ini adalah pusatnya streetball di dunia.

Holcombe Rucker Playground a.k.a. Rucker Park kelak akan kembali menjadi tujuan saya saat ke kota Big Apple itu.

5 pemikiran pada “Holcombe Rucker Playground, Pusat Streetball Dunia

  1. keren!!! suasana streetball kerasa banget dengan banyak nya penonton yg berdiri berdekatan dengan pemainnya disana. Pas untuk melatih mental bertanding.

  2. Yak! Minat orang Amrik terhadap streetball bisa sebesar NBA. Mereka rebutan juga lho untuk bisa nonton langsung di kursi di Rucker Park. Tidak jarang mereka sampai manjat pohon sekitar situ sekadar untuk melihat idola mereka berlaga. Sayangnya kita di Indonesia jarang banget ada kompetisi basket untuk streetballers.

  3. Kereeen bgt…
    Sebenarnya Di indo juga udah sgt berkembang dan merata, sampai di luar pulau djawa.
    sayangnya liga streetball di indo masih sgt bergantung existensinya melalui ajang atau even yang sifatnya di sponsori oleh brand tertentu..
    Komunitas ini memang perlu dukungan banyak pihak. agar tidak tenggelam suatu saat, dan di harapkan terus berkembang. sampai pada akhirnya indonesia streetball punya Battle of the years yang selalu di tunggu para regenerasi streetball.. Keep on Ballin,

    piss
    BJ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s