Terjawab Sudah Rasa Penasaran Gw Tentang “CLS” (Nuvo CLS Knights Surabaya)

Standar

kostum-cekal-cls

Pagi ini gw menemukan jawaban atas dua rasa penasaran gw selama ini. Rasa penasaran pertama adalah, apa sih kepanjangan CLS pada Nuvo CLS Knights Surabaya? Dan penasaran kedua muncul pada semi final Turnamen IBL Desember 2008 lalu saat Garuda (Flexi) Bandung melawan Nuvo CLS Knights Surabaya. CLS saat itu memakai kostum hitam bertuliskan aksara China berwarna emas pada bagian depan. Apa arti tulisan itu?

Indonesianbasketball.com memberikan jawabannya. Tulisan aksara China itu adalah “Cun Li She” (CLS. Ahaa!!) yang dalam Bahasa Indonesia berarti “perkumpulan yang didasarkan kekuatan bersama”. Katanya aksara China itu ditulis untuk menghormati para pendiri CLS di tahun 1947 yang lampau. Great! Saluuttt!

Kabarnya lagi, pada saat akan bertemu Garuda di Putaran I Seri 1 di Jakarta lalu, kostum ini dicekal dan tak boleh dipakai. Ini tertuang dalam surat resmi yang disampaikan Nandang Roekanda, Administrator IBL. “Itu tidak mudah dibaca orang umum. Seharusnya CLS menggunakan tulisan latin,” kata Nandang seperti Gw kutip dari indonesianbasketball.com.

Gw mendukung CLS! Alasan itu tidak masuk akal. Seandainya tulisan itu tertulis dalam aksara Arab, Sunda atau Jawa apakah IBL juga akan tidak setuju? Tidak ada yang salah dengan tulisan itu. Jika IBL dan penggemarnya ingin tahu tentang tulisan itu, ya tinggal tanya saja. Arti dalam Bahasa Indonesianya pun indah begitu dan penuh penghargaan kepada orang-orang berjasa yang telah membangun basket Indonesia. Keragaman adalah keindahan, setuju? Namun kabarnya pencekalan tersebut sudah dicabut dan kostum ini boleh dipakai lagi oleh CLS. Alhamdulillaahhh.

Sejujurnya, kostum itu adalah salah satu kostum terbaik di IBL menurut Gw. I’d like to have one!

About these ads

6 thoughts on “Terjawab Sudah Rasa Penasaran Gw Tentang “CLS” (Nuvo CLS Knights Surabaya)

  1. mainbasket

    Heheheee, Indonesia kan beragam. Bhinneka Tunggal Ika. Ada orang Batak, Sunda, Jawa, Bali, China, Arab, Bule, dll. Lagian aksara yang kita pakai ini juga bukan asli Indonesia (Nama Andy atau Tria juga bukan asli Indonesia). Kalau kata mas Remi Silado, salah seorang sastrawan kita, “9 dari 10 kata dalam Bahasa Indonesia adalah bahasa asing.” Kita ada karena keragaman kita yang indah. Yang bikin iri banyak negara lain. Yang membuat cemburu Russia kenapa Uni Soviet dulu harus terpecah belah..

  2. Key

    Saya rasa hanya orang-orang yang tidak berkeinginan untuk maju dan picik yang mempermasalahkan pemakaian bahasa asing di indonesia. Saat ini anda sendiri bisa melihat….sekolah berbasis bahasa mandarin dan bahasa inggris sangat digemari di indonesia ini. Disaat pemerintah dan warga negara Indonesia udah bisa menerima masuknya bahasa asing, ternyata ada beberapa orang yang terlalu sok “nasionalis” dengan mempermasalahkan bahasa mandarin di jersey CLS Knights. Saya cuman mau mengatakan, jangan sok nasionalis sementara nama IBL sendiri adalah INDONESIAN BASKETBALL LEAQUE yang anda tau sendiri itu bukan bahasa INDONESIA. Kalo memang mau sok nasionalis, buat aja namanya LIGA BOLA BASKET INDONESIA, dan jangan pake sponsor TV ONE tapi TV SATU. Saya bukan mau membela CLS Knights, tetapi saya rasa saat ini bukan saatnya kita mempermasalahkan hal-hal yang tidak penting dan mencari masalah dari hal-hal yang tidak seharusnya dipermasalahkan, melainkan ini saatnya bagi kita untuk bersama-sama memikirkan cara untuk memajukan negara ini terutama perkembangan bola basket di Indonesia. Thanks.

  3. kapan akan majunya basket di indonesia? juka masalah kostum saja dipermasalahkan?
    dan sepertinya sudah biasa di indonesia suatu ide yang kreatif harus tumbang. pasti CLS punya falsafah dengan dengan tulisan tersebut, yang intinya sebenarnya adalah SATU dan SAMA dengan orang – orang yang berkecimpung dibidang olahraga lainnya “MEMAJUKAN DUNIA OLAHRAGA INDONESIA”. tapi CLS dengan cara mereka sendiri. dan bukankah jersey CLS adalah salah satu ciri khas mereka. seperti halnya SM BRITAMA dengan PEACE FOR GAZA.
    buakan bermaksud untuk membela CLS, tapi untuk mendukung MAJUNYA OLAHRAGA INDONESIA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s